PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis, Ponorogo)

  • DIFKY CITASONY FRIDA GALING

Abstract

Abstrak

Semakin berkembangnya media pembelajaran menuntut guru harus berperan kreatif, inovatif dan efeftif, sehingga materi pelajaran dapat dipahami oleh siswa secara benar dan tepat. Melihat masalah di SMP Negeri 1 Jetis guru menggunakan metode ceramah untuk penyampaian materi passing atas bolavoli. Peneliti ingin menerapkan media pembelajaran PowerPoint pada model pembelajaran langsung passing atas bolavoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (preexperimental). Penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan  uji t berpasangan rata-rata hasil belajar  keterampilan hasil belajar passing atas bolavoli pretest  adalah 2.1111 dengan standar deviasi 49207. Posttest didapat rata-rata hasil belajar passing atas adalah 2.5000 dengan standar deviasi 52648, nilai T 11.751. Dengan besar peningkatan 18,42 %, maka dapat disimpulkan Ha  diterima sehingga ada perbedaan pengaruh media pembelajaran power point pada model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing atas bolavoli dengan signiffikan antara pretest dan posttest.

Kata Kunci :PowerPoint, Passing Atas, Pembelajaran Langsung.

Abstract

The increase of media for learning force the teacher to be more creative, inovative, and effective in order to make students not only easy for learning but also correct. Based on the fact that the teacher in 1 Jetis Junior High School was using explanation method for informing the material about volly ball passing-up, here the researcher want to apply learning media by PowerPoint to direct learning model of volly ball passing-up. The researcher used experiment (preexperimental) research design in this study. Those design was used for knowing free variable into bound variable. The sample was taken by cluster random sampling which the subject of this study were 32 students of eighth graders (class A). The result of this study could be conclude that t-test in pair had average from the pretest 2.1111 with standart deviation 49207. Posttest showed the result of passing -up was 2.5000 with standart deviation 52648,  and T score was 11.751. Because the increase was significant deifferent 18,42 %, it could be concluded that Ha  acceptable in order to show differences between the influence of learning media powerpoint through direct learning model to the learning result of  passing-up volly ball with significant result in pretest  and posttest.

Keywords : PowerPoint, overhead pass, direct learning.

Published
2016-02-06
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 32