PERBANDINGAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SHOOTING DENGAN PUNGGUNG KAKI PADA SISWA MAN MOJOSARI KAB. MOJOKERTO

  • MOHAMAD FATONI

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya pendidikan jasmani adalah pendidikan yang berkaitan dengan jasmani dan perlu diberikan di lembaga pendidikan karena aktivitas jasmani yang berbentuk latihan memberikan manfaat bagi peserta didik dalam bentuk kesegaran jasmani dan pemeliharaan kesehatan. Dalam proses pembelajaran, guru mrmpunyai pilihan mengenai strategi mengajar dan metode pembelajaran serta media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian tentang perbandingan metode problem solving dengan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar shooting dengan punggung kaki permainan sepakbola.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbandingan antara metode problem solving dan metode pemberian tugas terhadap ketuntasan belajar shooting dengan punggung kaki pada siswa MAN Mojosari Kab. Mojokerto. (2) seberapa besar perbandingan metode problem solving dan metode pemberian tugas terhadap ketuntasan belajar shooting dengan punggung kaki pada siswa MAN Mojosari Kab. Mojokerto.Penelitian ini menggunakan desain the static group pretest-posttest design. Populasi yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas X siswa MAN Mojosari dengan jumlah siswa 320 dari 10 kelas. Kemudian diambil acak dua kelas perlakuan yaitu kelas X4 dengan jumlah siswa 30 dan Kelas X2a dengan jumlah siswa 30 yang berjumlah keseluruhan 60 siswa menjadi sampel penelitian. Sedangkan hasil yang diperoleh pada Uji Independent sample t-test nilai t-hitung lebih kecil dari pada t-tabel (thitung 0,212 < ttabel 2,045). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perbandingan antara siswa diberi perlakuan dengan metode problem solving dan siswa yang diberi perlakuan dengan metode pemberian tugas tidak mempunyai perbedaan yang bermakna.

Kata Kunci : metode problem solving, metode pemberian tugas, ketuntasan belajar shooting dengan punggung kaki sepakbola.

Abstract

Actually physical education is related education with bodily and needs to be given in educational institutions becouse phisical activity in the form of training provide benefits for students in the form of physical fitness and sanitation in learning process, theachers  have a choice regarding teaching strategies and learning method using media appropriate to the material submitted for the achievement of learning objectives. In this research study, Researchers do the research study of learning outcomes shooting with the instep game of football.This study aims to know:  (1) the comparison between themethodsof problem solvingandthe method of administrationtasks tocomplete learnshootingwiththe instepin studentsof MAN Mojosari Mojokerto. (2) how biga comparisonmethodof problem solvingandthe method of administrationtaskstocomplete learnshootingwiththe instepin students of  MAN Mojosari Mojokerto. This study This design using the static group pretest-posttest design. Populationis used asthe subject ofresearchis a class X student of MAN Mojosari the number of 320 students from 10 classes. then randomly drawn two classes, namely treatment thatthe numberof students 30 and Class 30 X2a the numberof studentsthat total 60 students as sample.While the result obtained in Test Independent sample t-test t-count value are smaller than the t-tabel (thitung 0,212 < ttabel 2,045). Thus it can be said that the comparison between students who were treated with the method of problem solving and students are treated with the method of giving the task do not have significant differences.

Keywords : problem solving methods, the method of administration tasks, learning outcomes shooting with the instep of football.

Published
2016-02-06
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 116