SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMA, SMK, DAN MA NEGERI SE-KABUPATEN GRESIK

  • ANAS JUNAEDI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada dasarnya merupakan bagian rekontruksi dari sistem pendidikan nasional secara menyeluruh. Dalam hal ini tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di satuan pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan berjalan berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri se-Kabupaten Gresik khususnya pada sarana dan prasarana pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI). Dalam instrumen tersebut terdapat 4 aspek yang meliputi: 1. Ketersediaan sarana prasarana olahraga, 2. Ketersediaan tenaga pelaksana, 3. Hasil kerja kurun 1 tahun lalu, dan 4. Prestasi dan penghargaan 1 tahun lalu. Hasil rekapitulasi tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri se-Kabupaten Gresik yaitu: 1. Ketersediaan sarana prasarana olahraga mendapatkan nilai 112 dengan kategori “C” yang termasuk dalam kategori cukup baik, 2. Ketersediaan tenaga pelaksana mendapatkan nilai 198 dengan kategori “B” yang termasuk dalam kategori  baik, 3. Hasil kerja kurun 1 tahun lalu mendapatkan nilai 178,67 dengan kategori “C” yang termasuk dalam kategori cukup baik, dan 4. Prestasi dan penghargaan 1 tahun lalu mendapatkan nilai 62,667 dengan kategori “D” yang termasuk dalam kategori kurang.

Kesimpulannya yaitu dari hasil yang diperoleh untuk tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri se-Kabupaten Gresik mendapat nilai total 551,333 dengan kategori “C” yang termasuk dalam kategori cukup baik.

Kata Kunci: Kemajuan PDPJOI, SMA, SMK, MA Negeri.

Abstract

Basically, physical education, sport, and health are the reconstruction branch of national education system. In this case, the enhancement’s level of physical education, sport, and health in education division is significant for generating an effective learning and keep it on the right way. This research is conducted for discerning the enhacnement’s level of physical education, sport, and health at Senior High School, Vocationaled High School, and MA State in Gresik Regency especially on infrastructure of physical education, sport, and health by using instrument of Center of Physical Education and Sport Data of Indonesia. The instrument classified into 4 aspect : 1. Availibility of Sports Infrastructure, 2. Availibility of Employee, 3. One year of work result, and 4. One year of achievement and appraisal. The overview about the enhancement level of physical education, sport, and health at Senior High School, Vocationaled High School, and MA State in Gresik regency are showing some results: 1. Availibility of Sports Infrastructure got score 112 with “C” category which classiefied as good enough category, 2. Availibility of Employee got score 198 with “B” category which classified as good category, 3. One year of work result got score 178,67 with “C” category which classified as good enough category, and 4. One year of achievement and appraisal got 62,667 with “D” category which classified as poor category.

At the conclusion, the result for discerning the enhancement level of physical education, sport, and health at High School, Vocationaled High School, and MA State in Gresik Regency got a total score 551,333 with “C” category which classified as good enough category.

Keywords : Enhacnement’s of PDPJOI, Senior High School, Vocationaled High School, MA State.

Published
2016-02-06
Abstract Views: 409
PDF Downloads: 9984