SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA

  • CHANDRA WAHYU HARIJAYA

Abstract

Abstrak

Sumber daya manusia di era globalisasi seperti sekarang ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi suatu bangsa. Bangsa-bangsa di dunia ini harus memiliki sumber daya manusia yang memadai jika tidak ingin tergilas oleh bangsa lain yang memiliki sumber daya manusia yang lebih tinggi. Bangsa Indonesia juga harus berusaha meningkatkan sumber daya manusia jika ingin dapat bertahan menghadapi persaingan global. Satu-satunya jalan untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan yang bermutu akan menghasilkan manusia-manusia yang berkualitas. Salah satu komponen penting yang menentukan kualitas pendidikan adalah kurikulum. Sampai pada tahun ajaran 2014/2015 ini Sekolah Dasar-Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya masih melaksanakan Kurikulum 2013 untuk kelas I, II, IV, dan V. Sehubungan dengan permasalahan pro dan kontra di atas mengenai Kurikulum 2013 dan Kota Surabaya masih menerapkan Kurikulum 2013 tersebut sebagai calon pendidik, peneliti ingin mengetahui bagaimana keterlaksanaan Kurikulum 2013, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang termasuk dalam kategori kualitatif. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan sampel dari satu populasi serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah  Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Analisis data didasarkan pada perhitungan persentase dari hasil pengisian instrumen kuesioner oleh responden. Terdapat 3 responden dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dan siswa kelas I, II, IV, dan V . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan Kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di tingkat sekolah dasar negeri se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya ini sudah berjalan dengan baik dengan persentase 83,40%.

Kata kunci : keterlaksanaan Kurikulum 2013, PJOK

Abstract

Human resources in the era of globalization has become something that is very important for a nation. The nations of the world must have adequate human resources if you do not want to be crushed by other nations who have the human resources higher. Indonesian nation must also try to improve the human resources if it is to be able to withstand global competition. The only way to improve human resources is to improve the quality of education. Quality education will produce quality human beings. One of the important components that determine the quality of education is the curriculum. Until this school year 2014/2015 elementary school-State Elementary School in Surabaya still implement Curriculum 2013 for class I, II, IV, and V. With regard to the problems over the pros and cons of the curriculum in 2013 and the city of Surabaya is still implementing Curriculum 2013 such as prospective educators, researchers want to know how the enforceability of Curriculum 2013, particularly at the level of state elementary school throughout the District Lakarsantri subjects Surabaya for Physical Education, Sports, and Health (PJOK). This study is survey study of qualitative study. Therefore, this study takes samples of population by giving questioner for data collection. The subject of study is almost all of the state elementary schools in Lakarsantri sub district, Surabaya. The analysis data is based on the percentage of the result of respondent’s response in questioner for data collection. This study takes three respondent such head master, health, physical, and sports education teacher, and student in I, II, IV, and V grades. 

The result of study reveal the enforceability of curriculum of 2013 especially in health, physical, and sports education (PJOK) of almost all the state elementary schools in Lakarsantri sub district, Surabaya have been running well on the percentage of 83,40%.

Keywords: curriculum 2013 implementation, physical education

Published
2016-02-06
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 107