SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATANDI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE-KABUPATEN BANGKALAN

  • JOHANDI YUSUF

Abstract

Abstrak

Penelitian PDPJOI sebelumnya yang dilakukan tahun 2011 mengenai tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dalam mata kuliah Dasar-Dasar Penjasorkes di salah satu SMA Negeri yang ada di Kabupaten Bangkalan, yaitu SMA Negeri 3 Bangkalan dan hasil yang didapatkan untuk tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah tersebet termasuk kategori “B” (Baik) dengan nilai 620. Menindak lanjuti hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan kemajuan penjasorkes di SMA Negeri lain yang ada di Kabupaten Bangkalan, untuk itu sebagai alternatif dilakukan survei tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA Negeri se-Kabupaten Bangkalan.

Dalam penelitian, menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen PDPJOI sebagai alat pengumpulan data. Untuk metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi kepada pihak yang terkait di SMA Negeri se-Kabupaten Bangkalan. Data yang sudah terkumpul selanjutnya diolah dan ditampilkan dalam bentuk nilai dan kategori.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMA Negeri se-Kabupaten termasuk kategori “C” atau cukup dengan nilai rerata 560.

Kata kunci: Tingkat kemajuan PJOK

Abstract

Previous  PDPJOI Research conducted in 2011 the levels of  progress regarding  Physical Education, Sports and Health in    “Dasar- Dasar Penjasorkes” subjects(Physical Education, Sports and Health Basic  subjects) in one of the State Senior High Bangkalan Regency, namely, State Senior High School 3 Bangkalan and the results obtained to the extent of the progress of of physical education, sports and health the school included the category "B" (good) with a value of 620. Crack down on these things up, this research aims to find out how things progress of penjasorkes in  other State Senior High school Bangkalan Regency, for that as an alternative to survey the level of progress of physical education, sports and health in State Senior High School Bangkalan Regency.

In the research, using a type of quantitative descriptive study with PDPJOI instruments as a means of data collection. For the method of data collection was done with interviews and documentation to the parties concerned in  State Senior High School Bangkalan Regency. Data  already collected further processed and displayed in the form of grades and categories.               The Conclusion  research results indicate that the initial condition is the level  Progress Physical Education, Sports, and Health in  State Senior High School Bangkalan Regency  including Category "C" or simply the average value of 560.

Keywords: The  Level of Progress PJOK

Published
2016-10-22
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 23