SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA GURU PJOK DI SMA NEGERI SE KABUPATEN NGANJUK

  • MOH. ROKIM

Abstract

Abstrak

Guru berperan penting dalam meningkakan kualitas belajar peserta didik, serta memiliki integritas dan kreatifitas yang luas. Sebagai guru dalam bidang studi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kurikulum 2013 dituntut untuk mampu menerapkan materi ke dalam bentuk tematik integratif, yaitu model pembelajaran yang diarahkan pada pendidikan karakter dan mengintegrasikan isi pembelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keteraksanaan kurikuum 2013 pada guru bidang studi pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMAN se-Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan menggunakan desain penelitian berupa survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, yaitu monitoring dan evaluasi proses pembelajaran kurikulum 2013 yang bersumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian disebarkan pada guru PJOK kelas X dan XI di SMA Negeri se Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 8 guru. Kemudian hasi peneitian di rata-rata dan dianalisis data persentase dan menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil persentase menunjukkan bahwa SMAN I Kertosono sebesar 71,81%, SMAN 1 Nganjuk sebesar 64,89%, SMAN 2 Nganjuk sebesar 77,87%, dan SMAN 3 Nganjuk sebesar 67,27%. Ketuntasan klasikal mencapai 75,63%.  Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan tingkat pemahaman guru terhadap pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 bidang pendidikan PJOK termasuk dalam kategori paham.

Kata Kunci : survei keterlaksanaan kurikulum 2013, Guru PJOK,

Abstract

Teacher to role in improving the quality of learners, as well as having integrity and creativity. As teacher in of sport physical education and  health  in curriculum 2013 is required to apply the material in the form of thematic integrative learning model that form on character education and integrating the learning cotent with other subject. Therefore this research to purpose knowing how the understanding of teacher to the curriculum implementation 2013  in material sport physical education and health the  SMAN Nganjuk Regency. This type of research is non experiment with research design and questionnaire survey as a data collectio, the monitoring and evaluation of the learning process of curriculum 2013 are sourced from the Ministry of Education and Culture. The data collection techniques in this quantitative descriptive. The result of this research showed that in SMAN 1 Kertosono was 71,81%, SMAN 1 Nganjuk was 64,89%, SMAN 2 Nganjuk was 77,87%, and the last at SMAN 3 Nagnjuk was 67,27%. While the class classical completeness was 75,63%. Based on research the result of the level understanding of teacher the implementation in the sport physical education and health curriculum 2013 included in the category are very familiar.

Keywords : Curriculum 2013, sport, physical education, and health,  teachers understanding

Published
2016-10-22
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 389