PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (Student Team Achievement Division) dengan TGT (Team Games Tournament) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babadan Ponorogo)

  • SEPTIAN WAHYU ANGGGA KISWARA

Abstract

Abstrak

Berdasarkan model yang cocok, efektif dan lebih mudah dilakukan dalam proses belajar mengajar , yaitu model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran TGT (Team Games Tournamen)  model pembelajaran tersebut sangat berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan dan untuk memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Akhirnya dapat dipahami bahwa penggunaan model yang tepat dan bervariasi akan dapat menjadi alat motivasi kegiatan belajar mengajar disekolah dan itu juga bisa membuat proses belajar mengajar menjadi efektif dan optimal.siswa sendiri akan lebih aktif, percaya diri dan bersemangat untuk mengikuti proses belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournamen)  terhadap hasil belajar dribble sepak bola pada studi siswa kelas X SMA Negeri 1 Babadan Ponorogo dalam mengikuti mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Static Group Pretest – Posttest Design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  SMA Negeri 1 Babadan Ponorogo.

Berdasarkan hasil penelitian. Hasil  (pre-test) model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) adalah rata- rata skor 39.26 standar deviation sebesar 10.50220 dengan variant 110.297 pada model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) adalah rata- rata skor 34.87 standar deviation sebesar 9.64247 dengan variant 92.977. Hasil (post-test) model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)  adalah rata-rata skor 36.74 standar deviation sebesar 10.15316 dengan variant sebesar 103.087 dan Hasil skor test dribble sesudah diberikan perlakuan (post-test) pada model pembelajaran TGT (Team Games Tournamen) adalah adalah rata-rata skor 31.98 standar deviation sebesar 7.57956 dengan variant sebesar 57.450.

Dengan demikian siswa kelas X SMA Negeri Babadan Ponorogo lebih meningkat hasil belajar dribble sepak bola dimana presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble sepak bola pada kelompok model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) saat sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 6.42 %. Sedangkan presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble sepak bola pada kelompok model pembelajaran TGT (Team Games Tournamen) yaitu  sebesar 8.03 %. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar dribble sepak bola untuk kelompok model pembelajaran TGT terdapat peningkatan yang cukup dari pada kelompok model pembelajaran STAD.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Dribble sepak bola, Siswa X SMA Negeri 1 Babadan

Abstract

Based on the suitable models, effective and easier that can be applied on learning process is STAD (Student Teams Achievemen Division) learning model and TGT (Team Games Tournamen) learning model. Both are very functional to relieve boredom and motivate the students in learning process. Finally, can be understood that apply the appropriate model and have variation can motivate the learning process and it can make the learning process become effective and optimal.

the purpose of this research is to know the differnce between STAD (Student Teams Achievemen Division) learning model and TGT (Team Games Tournamen) learning model to the foot ball dribble learning outcomes of the students class  X  SMAN 1 Babadan Ponorogo in following Physical Education subject. This research is included in pre experiments and have the static group pretest-postest design. The sample of this research is the students of class X  SMAN 1 Babadan Ponorogo.

Based on the result of this research, the result (pretest) of STAD (Student Teams Achievemen Division) learning model have average score 39.26, standard deviation score 10.50220 and variant score 110.297. while the TGT (Team Games Tournamen) learning have average score 34.87, standard deviation score 9.64247, variant score 92.977. The result (post-test) of STAD (Student Teams Achievemen Division) learning model have average score 36.74, standar deviation score 10.15316, variant score 103.087 and the dribble test score after treatment (post-test) of TGT (Team Games Tournamen) learning model have average score 31.98, standar deviation score 7.57956 and variant score 57.450.

Therefore, the students of class X SMAN 1 Babadan have an increased in football dribble learning outcomes  by using STAD (Student Teams Achievemen Division) learning model which have percentage improvement 6.42%. While the enhancement of football dribble learning outcomes by using TGT (Team Games Tournamen) learning model have percentage 8.03%. Acccording to the explanation, can be concluded that the football dribble learning outcomes of TGT (Team Games Tournamen) learning model group have an increased sufficient than STAD (Student Teams Achievemen Division) learning model group.

Keywords : Learning model, Football dribble, Students X SMAN 1 Babadan

Published
2016-10-22
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 20