PERBANDINGAN PERILAKU HIDUP SEHAT ANTARA SISWA SMPN 1 BADAS DENGAN SISWA MTs MASHLAHIYAH KRECEK KABUPATEN KEDIRI

  • RIZKY SEPTYAN KARYA UTAMA

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah suatu proses kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk mengubah perilaku seseorang menjadi baik bagi kehidupan diri sendiri dan masyarakat. Dengan demikian perlu adanya pembinaan perilaku hidup sehat manusia itu sendiri, khususnya siswa SMPN 1 Badas dan MTs Mashlahiyah Krecek. Tujuan dari pendidikan kesehatan adalah terbentuknya perilaku hidup sehat yaitu perilaku individu yang sesuai dengan nilai-nilai kesehatan. Penelitian ini bertujuan ubtuk mengetahui gambaran perilaku hidup sehat di SMPN 1 Badas dan MTs Mashlahiyah Krecek. Penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif non-eksperimen dengan menggunakan desain komparatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk membandingkan satu kelompok dengan kelompok yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Badas dan MTs Mashlahiyah Krecek berjumlah 374 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilaksankan dengan menggunakan instrument berupa angket yang terdiri dari 33 pertanyaan. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil penelitian, gambaran perilaku hidup sehat siswa SMPN 1 Badas yang masuk dalam kategori sangat kurang 7 orang (11%) , kategori kurang 18 orang (30%) , kategori  cukup 19 orang (31%), sedangkan kategori baik sebanyak 9 orang  (15%) dan sangat baik 8 orang (13%). Gambaran perilaku hidup sehat siswa MTs Mashlahiyah yang masuk dalam katagori sangat kurang 4 orang (7%) , kategori kurang 17 orang (28%) , kategori  cukup 20 orang (33%), kategori baik sebanyak 13 orang  (21%) dan kategori sangat baik 7 orang (11%).Sedangkan nilai signifikan variabel adalah 0,000 dan lebih kecil dari alpha 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa perilaku hidup siswa SMPN 1 Badas lebih baik daripada MTs Mashlahiyah Krecek. Dengan diketahuinya hasil penelitian ini, diharapkan adanya peningkatan pembinaan dan pemberian pendidikan tentang kesehatan, khususnya pendidikan kesehatan yang diberikan untuk anak usia sekolah dan usia remaja.

Kata Kunci: kesehatan, perilaku, perilaku hidup sehat, siswa sekolah menengah pertama

Abstract

Education is one teaching and learning activities which aimed to transmute conduct of one be good for life yourself and the community .Thus there should have been guidance healthy patterns of living human beings themselves , especially for students smpn 1 badas and mts mashlahiyah krecek. The purpose of education is the establishment of the health behavior healthy living behavior individual namely that in accordance with the values of health .This research aims for knowing picture healthy living behavior in smpn 1 badas and mts mashlahiyah krecek. This study used the comparative non-eksperimen by using comparative design , namely research directed to compare one group with clusters of another . The population in this research is the SMP students 1 Badas and Mashlahiyah MTs Krecek totaled 374 students. Sampling techniques using cluster random sampling. Data collection kept by using the instrument in the form of the now consisting of 33 questions. As for the analysis of data in this observation using a balanced test (t-test). Based on the research results, the description of the behavior of living healthy students SMP 1 Badas that fall into the category of very less 7 persons (11%), the category less 18 people (30%), the category is quite 19 people (31%), whereas the category is good as many as 9 people (15%) and a very good 8 people (13%). A healthy living behavior mashlahiyah mts students are included in category 4, 7 % ( or less ) to a person the lack of people ( 17 ), the 28 %. It is 33 % ( twenty one ), as many as 13 people ( good category ) with 21 % and 7 ( good category 11 % ). Based on the results of research and discussion can be concluded that students living behavior smpn 1 badas better than mashlahiyah krecek mts . With know this research result , it is expected that the increase in the guidance and the provision of education on health , especially health education given to children of school age and early adolescence . While the significant value of the variable is 0.000 and smaller than the alpha of 0.05.

Keywords: health , behavior , healthy patterns of living , junior high school student

Published
2017-04-06
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 45