Abstract
Abstrak
Anak usia sekolah dasar (7-12 tahun) merupakan generasi penerus bangsa. Keadaan status gizi berpengaruh pada kondisi fisik seorang anak, sedangkan kondisi fisik juga berpengaruh secara langsung terhadap konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi anak dengan tingkat konsentrasi belajar anak usia sekolah dasar pada siswa kelas VI SDN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain korelasional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang belum dapat mencapai hasil belajar yang optimal meskipun memiliki kecerdasan yang normal. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 1 Baureno kabupaten Bojonegoro, dengan besar populasi sebanyak 75 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pengukuran status gizi berdasarkan Indeks Massa Tubuh menurut Umur (IMT/U) dan pengukuran tingkat konsentrasi belajar menggunakan Grid Concentration Exercise dan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil perhitungan statistik menunjukkan hasil yang memenuhi syarat Ho diterima, karena nilai signifikasi sebesar 0,274 lebih besar dari pada taraf nyata 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa status gizi anak dengan tingkat konsentrasi belajar anak tidak memiliki hubungan yang signifikan. Sedangkan besar pengaruhnya sebesar 3,84 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi anak dengan tingkat konsentrasi belajar anak usia sekolah dasar, karena ada beberapa faktor lain yang berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi belajar anak usia sekolah dasar.
Kata kunci : Status gizi, Tingkat konsentrasi
Abstract
Elementary school children (7-12 years) are the future generation who became the main capital in the development and progress of a nation. The existence of nutritional status also influences to the physical condition of a child, while the physical condition also directly affects the concentration of children.This study aimed to determine the relationship between children nutritional status and learning concentration level of elementary school children on the sixth graders at SDN 1 Baureno Bojonegoro. This study was a non-experimental study by applying correlational design. The subjects of the study were all sixth graders of SDN 1 Baureno, Bojonegoro. There were two instruments used in the study, as follows: the measurement of nutritional status based on the Body Mass Index by Age (IMT / U) and the measurement of concentration levels learn by using Grid Exercise Concentration, while analyzing the data of the study applied the correlation of product moment and coefficient of determination. The result of statistical calculation, show the result of eligible Ho accepted, because the significance value of 0,274 is bigger than the real level of 0,05. That there was no significant relationship among the nutritional status toward the learning concentration level of elementary school students, while the amount of the influence was 3,84%. It can be concluded that there is no relationship between children’ nutritional status and the learning concentration level of children in the elementary school age. There are many other factors influencing the learning concentration level of children in the elementary school age.
Keywords: nutritional status, the level of concentration
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

