PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI (pada Siswa Putra Kelas VIII MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan)

  • IBNU ASLAM ABROR

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap warga negara. Tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Sedangkan pendidikan jasmani merupakan pendidikan menuju keselarasan antara tumbuhnya badan berkembangnya jiwa dan merupakan suatu usaha untuk membuat bangga Indonesia menjadi bangsa yang sehat lahir batin. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ini metode yang digunakan adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa yang berprestasi untuk membantu teman sebaya dari kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode tutor teman sebaya terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh metode tutor teman sebaya terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli. Sasaran penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan dengan besar populasi 154 siswa dan jumlah sampel yang diambil adalah 40 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu, dengan one group pre-test post-test desaign. Pengambilan data dilakukan dengan tes servis bawah menggunakan tes servis dari AAHPER yang digunakan pada saat pre-test dan post-test di sekolah MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu, terdapat pengaruh yang signifikan pemberian metode pembelajaran tutor teman sebaya terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli yang dibuktikan dengan hasil thitung> ttabel ( > 1.685) pemberian metode pembelajaran tutor teman sebaya pada siswa putra kelas VIII MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan ternyata memberikan rata-rata peningkatan hasil belajar servis bawah siswa sebesar 57.22%.

Kata Kunci :hasil belajar, metode pembelajaran tutor teman sebaya.

Abstract

Education is an obligation that must be had by every citizen. The goal of  education itself is for developing learners’ potention to become religious and devoled to God the almighty, noble, healthy, knowledgible, capable, creative, independent, and become democrative and reposible citizen. Physical education is an education towards the harmony between body growth and mental development and attempt to make Indonesia proud to be healty mentally and physically. In the teaching and learning of this physical, sport and health, the teaching method used is peer tutoring. Peer teaching is a teaching method that lead the achieved students to help their peer that get difficulties in learning underhand service. The purpose of this research was to find out, 1) the influence of peer teaching method toward the students’ achievement in the volleyball underhand sevice 2) to determine the influence of peer teaching method toward the students’ achievement in the volleyball underhand sevice. The sample of this study was the male students in the eighth grade of Tarbiyatut Tholabah junior high school Lamongan, which the average of the population was 154 students and the sample taken was 40 students. The type of research was quasi experimental by using one group pre-test post-test as research design. The data was taken by testing underhand service by testing the service from AAHPER which was used on pretest and post test at MTs. Tarbiyatut Tholabah Junior High School Kranji Lamongan. The result of the study showed that there is significant influence of peer teaching method toward the students’ achievement in the volleyball underhand sevice by the result tarithmetic was higher than ttable (7.462>1.685). Implementing the peer tutor learning method toward the eighth grade at MTs. Tarbiyatut Tholabah showed that the mean of the significancy result was 57,22%.

Keywords:  lerning result, peer tutor learning, learning methods

Published
2017-04-06
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 53