PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLABASKET (Studi pada Siswa Kelas X SMKN 12 Surabaya)

  • MUHAMMAD ALI TAUFIQ

Abstract

Abstrak

Secara umum, fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan sistem pendidikan yang  berkualitas. Dengan cara menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan interaksi sesama siswa sehingga pembelajaran lebih aktif. guru tidak cukup hanya menjelaskan dan mendemonstrasikan tugas gerak yang diberikan. Namun guru juga perlu memberikan kesempatan pada siswa untuk menganalisa pembelajaran dan siswa saling berinteraksi sesama siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.  Pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan efektif diperlukan adanya inovasi baru yang diberikan oleh guru agar hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan meningkat. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas X di SMKN 12 Surabaya. 2 Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas X di SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 12 Surabaya dengan sampel kelas X Interior 1 berjumlah 30 siswa dan kelas X Animasi 2 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas X di SMKN 12 Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis uji T didapatkan nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 14,69 > 1,996 dengan taraf signifikan 0,05. Dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas X di SMKN 12 Surabaya sebesar 53,13%.

Kata Kunci: Investigasi Kelompok, Hasil Belajar Siswa. Kelas X SMK

Abtrack

In general, the function of national education is to develop the potential of students to achieve a prosperous society. In order to achieve this good quality education system. By creating an effective learning process. One is by learning physical education, sports, and health. Process learning activities required interactions among students so that learning is more active. It is not enough for the teacher to explain and demonstrate the motion of a given task only. But teachers also need to provide opportunities for students to analyze learning process and to interact with fellow students to get better learning results. Learning can be done actively and effectively if there’s new innovation given by teachers to student learning so that the outcomes in teaching physical education, sports, and health may increases. One of them is with the implementation of cooperative learning model that is to be adapted to the group investigating the curriculum in the education unit. The aim of this study are: 1. To determine the effect of the application of cooperative learning model type group investigation to the learning outcomes at dribble in basketball in class X in SMK 12 Surabaya. 2 To determine the magnitude of said effect of the application of cooperative learning model the group investigation on learning outcomes at dribble in basketball in class X in SMK 12 Surabaya. This study uses a randomized control group pretest-posttest design. The study population was 12 students of class X SMK X Surabaya with sample at Interior class 1 that had 30 students and  X Animation 2 that has to 30 students. The research result was that there’s is no significant effect of the application of cooperative learning model the group investigation on learning outcomes dribble a basketball in class X in SMK 12 Surabaya. This is evidenced by the analysis of T test tcount greater than ttable, namely 14.69> 1.996 with significance level of 0.05. And the effect of the application of cooperative learning model the group investigation on learning outcomes dribble a basketball in class X in SMK 12 Surabaya at 53.13%.

Keywords: Investigation Group, Student Results. Class X SMK  

Published
2017-04-06
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 25