PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN BERKARAKTER DALAM PEMANASAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada siswa Kelas X SMK Negeri Mojoagung Jombang)

  • BRAM GHOFUR SUDIBYO

Abstract

Abstrak

Secara umum, fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional diperlukan kinerja yang saling mendukung antar komponen dalam sistem pendidikan pada satuan pendidikan, tidak terkecuali peran dari masing-masing mata pelajaran yang diwajibkan untuk diajarkan kepada peserta didik. Salah satu dari mata pelajaran tersebut adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan interaksi antara peserta didik dan pendidik sehingga pembelajaran lebih aktif. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan tidak membosankan diperlukan adanya inovasi baru yang diberikan oleh guru agar motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan semakin meningkat. Salah satunya dengan pemberian pemanasan dalam bentuk permainan berkarakter yang disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan berkarakter dalam pemanasan terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas X SMK Negeri Mojoagung. 2.  untuk mengetahui besarnya pengaruh pemberian permainan berkarakter dalam pemanasan untuk terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas X SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Mojoagung dengan sampel kelas X Akuntansi 2 berjumlah 40 siswa.

Hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh pemberian permainan berkarakter dalam pemanasan terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung 12,643 > ttabel 1,697 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa pemberian permainan berkarakter dalam pemanasan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri Mojoagung pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Besarnya pengaruh pemberian permainan berkarakter dalam pemanasan terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas X SMK Negeri Mojoagung Jombang sebesar 9,283%.

Kata Kunci: Permainan Berkarakter, Motivasi Belajar Siswa.

Abstract

In general, the purpose of national education is developing the students potential to achieve a prosperous society. In order to realize the goals of national education, it required performances that support each other between the components of education system in every education units, including the role of the subjects that are required to be learned by the students. One of these subjects is Physical Education. During the learning activities, need interaction between students and teacher, so the learning becomes active and not boringly. The learning process need some inovations that applied by the teacher to increase the students learning motivation in physical Education. One of them is by applying principled game on warming up session that adapted with the curriculum in these education units.

The aims of this research are 1. to know the influence of applying principled game on warming up session to the students learning motivation in physical education of the students in class X SMKN Mojoagung. 2. to determine how much the influence of applying principled game on warming up session to the students learning motivation in physical education of the students in class X SMKN Mojoagung. This research used One group pretest-posttest design, with the population of the students in class X SMKN Mojoagung. And the sample of this research is the students in class X Akuntansi 2 that have amount 40 students.

Results of this study showed the existence of significant influence on the effect of the game character in the heating of the motivation of students in physical education, sport, and healthy. It is evidenced by the calculated value thitung 12,643 > ttabel 1,697 with significant level is 0,05. This is can be said that give of character game in heating can give the significant effect for increasing the student motivation of X class SMK Negeri Mojoagung in physical education, sport, and healthy. The magnitude of the warming effect of the game character to motivate students in physical education, sport, and healthy for students of X class SMK Negeri Mojoagung Jombang as much as 9,283 %.

Keywords : Character Game, students learning motivation.

Published
2017-04-06
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 33