PENERAPAN MODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA PADA PERMAINAN KASTI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS GERAK SISWA

  • ZAINUDIN HAQQI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang didalamnya tidak memerlukan uji hipotesis. Namun demikian dalam penelitian ini menggunakan perhitungan persentase.Dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan perlulah adanya pemodifikasian akan tetapi harus tetap memperhatikan karakter siswa dalam hal ini adalah permainan kasti, untuk memainkan perminan kasti yang sebenarna adalah haruslah dengan dipukul tetapi anak akan menjadi kesulitan untuk memukul dan akhirna permainan menjadi tidak efektif dan anak akan hanya kebanyakan diam untuk menunggu bola bisa dipukul.

Tujuan yang ingin dicapai adalah bagaimana dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan untuk olahraga pemainan kasti menjadi efektif dan anak menjadi bisa lebih aktif untuk bergerak.maka dilakukanlah pemodifikasian yaitu dengan mengganti peraturan permainan ini menjadi sepak kasti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemodifikasian permainan kasti dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SDN Kludan kelas V B sangat berpengaruh dan dapat meningkatkan aktifitas gerak siswa dalam melakukan permainan sepak kasti.

Kata Kunci : Penerapan, permainan kasti, aktifitas gerak.

Abstract

This research is research in which a class action does not require hypothesis testing. However, in this study using a calculation persentase. In teaching physical education and health is necessary for modification but should still pay attention to the character of the students in this case is a baseball game, to play perminan sebenarna rounders which is to be the hit but the child would be difficult to hit and akhirna game becomes ineffective and the child will only mostly silent to wait for the ball can be hit.

The goal is learning how the physical education and health for the sport to be effective ploy rounders and children became more active for bergerak.maka can perform the modification is to change the rules of the game into the football rounders. The results showed that modifying the game rounders in the subjects of physical education and health class at SDN Kludan VB very influential and can increase the activity of the student movement in conducting football game of rounders.

Keywords : Apllication, Rounder game, movement activity.  

Published
2017-04-06
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 172