PENGARUH LATIHAN DRILL BERPOLA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN UNDERHAND PASS BOLAVOLI (studi pada ekstrakurikuler siswa putra bolavoli SMP N 3 Sidayu)

  • CHUSNUL FALID

Abstract

Abstrak

Olahraga bolavoli merupakan olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, termasuk juga masyarakat kabupaten Gresik. Baik masyarakat umum maupun pemula (siswa). Pada zaman sekarang ini sudah banyak lembaga yang mengadakan kejuaraan bolavoli baik tingkat pelajar maupun umu. Seluruh elemen masrakat diharapkan dapat melakukan pembinaan bolavoli termasuk juga di sekolah-sekolah. Karena pada anak usia sekolah lebih cepat untuk menyerap materi yang diberikan. Bolavoli merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang dipisahkan oleh sebuah net. Jumlah pemain yang bermain adalah 6 orang untuk setiap tim. Tinggi net yang digunakan adalah 2,43 m untuk putera dan 2,24 m untuk puteri. Dalam melakukan permainan harus sesuai dengan peraturan yang sudah diresmikan oleh federasi dunia (FIVB). Drill berpola adalah latihan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan menggunakan teknik yang sudah diberikan. Gerakan-gerakan yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan/intruksi yang telah diberikan oleh pelatih atau guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan underhand pass permainan bolavoli di ekstrakurikuler siswa putera SMP Negeri 3 Sidayu. Dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan underhand pass siswa putera yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Sidayu. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 3 Sidayu yang berjumlah 13 siswa.. Teknik analisis data menggunakan mean, standart deviasi, uji-T, dan peningkatan.

Kata Kunci : drill berpola, keterampilan underhand pass bolavoli

Abstract

Volley ball is a sport that been favored by indonesian people, including gresik people. either people in generally or begginer (students).  Nowadays, there were so many institutions have held volley ball tournament, either in students level or professional level. all of public elements are expected can  hold volleyball development including in schools. Volley ball is a sport that be played by  2 teams are sparated with a net. The players is 6 players each team. The height of net is 2,43m for male and 2,24 for female. The game should be accordance with the which have been unveiled by the world’s federation (FIVB). Patterned drill is an excercise that performed repeatedly using a technique that has been given. Th e techniques that performed shoul be in accordance wtih the instruction which have been given by coach or teacher. The aim of this research is to know about the enhancement of volley ball underhand pass skill of male students extraculicullar in Junior high school 3 Sidayu. And to find out how much the enhancement of the volley ball underhand pass skill of male students extraculicullar in Junior high school 3 Sidayu, The population of this research is the students who joined sport extraculicullar and joined volley ball extraculicullar in Junior high school 3 Sidayu which have amount 13 students. This research used mean, standard deviation, T test and enhancement as the data analysis.

Keywords: patterned drill, volleyball underhand pass skill

Published
2017-04-06
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 48