PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJARSERVIS ATAS BOLAVOLI DALAM PEMBELAJARAN PJOK (Studi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sidoarjo)

  • EDWIN RIZKY ANDHIKA

Abstract

Abstrak

Belajar merupakan proses penting bagi seseorang untuk mendapatkan perubahan pada dirinya, baik perubahan pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Untuk mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik diperlukan sistem pendidikan yang berkualitas. Dengan cara menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan interaksi sesama siswa sehingga pembelajaran lebih aktif. Guru tidak hanya menjelaskan dan mendemonstrasikan tugas gerak yang diberikan, namun guru juga perlu memberikan kesempatan pada siswa untuk menganalisa pembelajaran dan siswa saling berdiskusi untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan efektif diperlukan adanya inovasi baru yang diberikan oleh guru agar hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan meningkat. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Sidoarjo. 2 Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Desaign. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan instrument yang terdiri dari tes kognitif servis atas bolavoli, tes afektif servis atas bolavoli, dan tes keterampilan menggunakan tes ketepatan servis dari American Alliance for Health, Physical Education and Recreation (AAHPER, 1969). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Sidoarjo yang berjumlah 11 kelas dengan sampel kelas VIII-8 berjumlah 30 siswa dan VIII-9 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian dapat diketahui terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompokterhadap hasil belajar servis atas bolavoli dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Sidoarjo. Dibuktikan oleh hasil uji beda rata-rata pre-test dan post-test menggunakan rumus uji t dependent yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 12,21 > t tabel dengan nilai sebesar 1,699 dalam taraf signifikan sebesar 0,05.Besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompokterhadap hasil belajar servis atas bolavoli adalah sebesar 52,54%.

Kata Kunci: Investigasi Kelompok, Hasil Belajar Siswa, Kelas VIII SMP.

 

Abstract

Learning is an important process for people to change their life, whether in their behaviour or creativity. To have better evolution process, absolutely qualified education is needed by everyone. This can be done by creating effective learning process. This process needs interaction and communication between students to make the class to be more active. Teacher not only explains and demonstrates movement assignment, but also gives a chance for students to analyze the learning process and make a discussion forum to get better result. Learning process will be more active and effective by having new innovation which is created by teachers in order to increase the learning result of students in physical, sport, and healt education. One of the applications is cooperative learning model with group investigation type which is related to curriculum in this education unit. This study aims to 1. Recognise the influence of the application of cooperative learning model with group investigation type to develop the result of volleyball service practicing in physical, sport, and healt education subject for grade VIII junior high school 2 Sidoarjo students. 2. Recognise the influence of application of cooperative learning model with group investigation type to raise the result of volleyball service practicing in physical education subject for grade VIII junior high school 2 Sidoarjo students.

This study used One Group Pretest-Posttest Design. In collecting data process, the writer used instruments which involved volleyball service cognitive test, volleyball service effective test, and creativity test which used service firmness test from American Alliance for Health, Physical Education and Recreation (AAHPER, 1969). Population of the study are students of VIII grade in junior high school 2 Sidoarjo, amounting to 11 class with the total sample of 30 students in grade VIII-8 and 30 students in grade VIII-9.

In the result of the study, we will find the influence of the application of cooperative learning model with group investigation type to the result of volleyball service practicing in PJOK to students in grade VIII of junior high school 2 Sidoarjo. It is proven by the result of test average on pre-test and post-test with test pattern t dependent which produces score t count with nominal 12,21 > t table and with nominal 1,699 in significant level of 0,05. So, the total nominal of the application of cooperative learning model with group investigation type to the result of volleyball service practicing is 52,54%.

Keywords : Group investigation, learning result students,  in grade VIII junior high school.

Published
2017-04-06
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 40