PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI DAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1Ponorogo)

  • ADITYA DWI PURWIYANTO

Abstract

Abstrak

Guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik serta memiliki integritas dan kreatifitas yang luas. Sebagai guru dalam bidang studi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kurikulum 2013 dituntut untuk mampu memberikan model-model pembelajaran yang diarahkan pada pendidikan yang berkarakter serta mengintegrasikan isi pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam memberikan model pembelajaran modifikasi dengan model pembelajaran pendekatan bermain.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian pra eksperimen dengan seluruh populasi kelas VII SMPN 1 Ponorogo. Sampel diambil dengan teknik Cluster random sampling yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VII B sebanyak 29 siswa. Kemudian dengan Ordinal pairing dikelompokkan menjadi 2 kelompok yang setara, yang mendapat perlakuan yang berbeda. Kemudian dianalisis data presentase dan Mean menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 kelompok yang menggunakan model pembelajaran modifikasi dan model pembelajaran pendekatan bermain terhadap hasil belajar dribble bola basket ini mempunyai mean 22,77 dan 11,00. Sesuai dengan rumusan masalah, terdapat perbedaan antara model pembelajaran modifikasi dan model pembelajaran pendekatan bermain terhadap hasil belajar basket materi dribble bola basket dalam pembelajaran PJOK pada kelas VII SMPN 1 Ponorogo.

Kata Kunci: Hasil belajar dribble bola basket, SMPN 1 Ponorogo kelas VII-B.

Abstract

Teachers play an important role in improving the quality of learners as well as having extensive integrity and creativity. As a teacher in the field of study physical education sports and health curriculum in 2013 is required to provide learning models aimed at the education of character and integrate the learning content in order to determine the extent of understanding of the teacher of Physical Education, Sport and Health (PJOK) in providing modifications to the learning model learning model approach play.

This research is a quantitative study using pre-experiments and population studies class VII SMPN 1 Ponorogo to sample as many students of class VII B 29. This study focuses on two groups of samples of this study were divided into two groups with different treatment. Data were analyzed using descriptive Mean percentage and quantitative. The results showed that the two groups using a modified model of learning and teaching model towards learning outcomes approach play basketball dribble it has an average itself. Of the average yield learning model group was 22.77 and the modification of the results of the group using the model approach play was 11.00.

Keywords: Results of study dribble a basketball, SMPN 1 Ponorogo class VII-B

Published
2017-04-06
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 86