PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Mojoagung Jombang)

  • DAVID HAVERA ARIFFUDIN

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran passing dalam permainan sepakbola pada siswa kelas X pemasaran 2 SMK Negeri Mojoagung Jombang.(2) besarnya  pengaruh penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran passing dalam permainan sepakbola pada siswa kelas X pemasaran 2 SMK Negeri Mojoagung Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, untuk menentukan sampel menggunakan undian dari populasi  kelas X SMK Negeri Mojoagung Jombang dengan jumlah siswa 517 dari 13 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 2 dengan jumlah 37 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat  meningkatkan efektivitas pembelajaran passing dalam permainan sepakbola pada siswa kelas X pemasaran 2 SMK Negeri Mojoagung Jombang dibuktikan dengan hasil penghitungan nilai uji hipotesis bahwa nilai  zhitung - 4,897 > nilai ztabel -1,96 dengan taraf signifikansi 5%, (0,05). Dari olah data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran passing dalam permainan sepakbola pada siswa kelas X pemasaran 2  SMK Negeri Mojoagung Jombang sebesar 10,54 %.

Kata Kunci : kooperatif teams games tournament, efektivitas pembelajaran.

Abstract

This research objective are : (1) the implementation of cooperative learning model type teams games tournament (TGT) may improve the learning effectiveness  passing in a game of football in the class X student of marketing 2 SMK Mojoagung Jombang, (2) the magnitude of the application of cooperative learning model type teams games tournament (TGT) may improve the learning effectiveness  passing in a game of football in the class X student of marketing 2 SMK Mojoagung Jombang. 

This research belongs to semi experimental research that use quantitative aprroach. In this research, to determine the samples is used raffle box from the population of X graders SMK Negeri Mojoagung Jombang with amount of 517 student from thirteen classes. This sample research is X student marketing 2  with amount of 37 student.

Common results and based on the counting analysis data result, it can be concluded that the significant effect of the implementation of cooperative learning model type teams games tournament (TGT) may improve the learning effectiveness  passing in a game of football in the class X student of marketing 2 SMK Negeri Mojoagung Jombang by z Value > z Table (- 4,897 > -1,96). With 5 % (0,05) level of significant. From these data it can be concluded if the that there is a increase in the significant of the implementation of cooperative learning model type teams games tournament (TGT) may improve the learning effectiveness  passing in a game of football in the class X student of marketing 2 SMK Negeri Mojoagung Jombang result 10,54 %.

Keywords: Cooperative teams games tournament, learning effectiveness.

Published
2017-04-06
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 151