PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ( Studi Pada Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang )

  • DANA RACUTISYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan media audio visual (video) terhadap hasil belajar meroda siswa-siswi kelas VIII di SMPN 2 Tempeh kabupaten Lumajang. 2. Mengetahui seberapa besar perbedaan  sebelum dan sesudah penerapan media audio visual (video) terhadap hasil belajar meroda siswa-siswi kelas VIII di SMPN 2 Tempeh kabupaten Lumajang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling, karena sampel dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik penilaian gerakan meroda yang diambil dari RPP. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah Uji-T.       Hasil penelitian yang diperoleh dari tes gerakan meroda terdapat perbedaan hasil belajar mulai dari pretest dan posttest mendapatkan nilai Asymp. Dari perhitungan data pretest dan posttest diperoleh hasil sebesar 0,018 dan 0,116 lebih besar dari 0,05. Hasil dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pada data pretest dan posttest mendapatkan nilai Z hitung sebesar -4,817 dan  signifikasinya mendapatkan hasil sebesar ,000 lebih kecil dari pada 0,05 (,000 < 0,05) sehingga terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikannya perilakuan. Sehingga  ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar meroda dalam pembelajaran senam lantai pada siswa-siswi kelas VIII D SMP Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang. Dan peningkatan hasil belajar meroda dalam pembelajaran senam lantai dengan menerapkan media audio visual. Peningkatannya dihitung dengan cara mengurangi nilai rata-rata postest dengan prettest dibagi nilai pretest dikali 100%. Hasil hitung peningkatan yaitu sebesar 47%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan media audio visual terhadap hasil belajar meroda dalam pembelajaran senam lantai dengan besar peningkatan 47%.

Kata Kunci : Media audio visual, meroda dalam pembelajaran senam lantai.

 

Abstract 

The objectives of this research are: 1. To determine the differences before and after implementation of audio visual (audio) to the effect of Cartwell learning result in gymnastics learning process of VIII graders in SMP Negeri 2 Tempeh Lumajang, 2. To measure the differences before and after implementation of audio visual (audio) to the effect of Cartwell learning result in gymnastics learning process ofVIII graders in SMP Negeri 2 Tempeh Lumajang.

This research was an experimental research with one group pretest posttest design. This research used cluster random sampling because the samples were chosen randomly. The instruments were rubric assessment of Cartwellmovement taken from the lesson plan. This research used statistical formulas which were T-test.

The results of this research showed that there are differences between pretest and posttest results. It is got Asymp. Through the data, it can be known that result for pretest is 0.018 and 0.116 for posttest, 0.05 higher. The results of the Wilcoxon test showed that the data pretest and posttest score for the Z count 0,00, or there is effect of audio visual (video) media to Cartwell learning result in gymnastics learning process of VIII graders in SMP Negeri 2 Tempeh Lumajang. Then, the learning result improvement is counted by decreasing average point of posttest and pretest divided with pretest result and timed 100%. The result is 47%.From the data, it can be concluded that there is significant effect from the implementation of audio visual media to Cartwelllearning result in gymnastic learning process, and the improvement result is 47%.

Keywords: audio visual media, Cartwellin gymnastic learning process

Published
2017-04-06
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 118