PERBANDINGAN TINGKAT PERCAYA DIRI MAHASISWA YANG MENGIKUTI PENCAK SILAT DALAM KATEGORI LAGA DAN KATEGORI SENI (STUDI PADA UKM PENCAK SILAT TAPAK SUCI UNESA)

  • RANDY STYO PERTIWI

Abstract

Abstrak

Rasa percaya merupakan hal yang penting dalam setiap diri seseorang untuk melakukan segala hal apapun yang bertujuan untuk  mencapai suatu keberhasilan yang diinginkan, selain itu sangatlah dibutuhkan untuk kehidupan bermasyarakat dalam bersosialisasi dan menyesuaikan diri di dalam lingkungan masing – masing individu. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) adalah ekstrakurikuler yang mengajarkan tentang berbagai hal serta membimbing dalam mengembangkan bakat, minat, keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang mengikuti kegiatan tersebut dengan nilai – nilai kepribadian yang positif. UKM pencak silat tapak suci, salah satu UKM di UNESA, dapat membantu dalam meningkatkan percaya diri mahasiswa yang mengikuti dan terjun langsung dalam latihan maupun pertandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat percaya diri mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori laga dan kategori seni pada UKM pencak silat tapak suci UNESA. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 mahasiswa yang mengikuti pencak silat  dalam kategori lagaberjumlah 7 mahasiswa dan kategori seni berjumlah 7 mahasiswa pada UKM pencak silat tapak suci UNESA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuisioner. Sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan uji beda (t – test). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai rata – rata (mean) untuk mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori laga sebesar 98,71 dengan standar deviasi 7,29. Sedangkan untuk mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori seni nilai rata – rata (mean) sebesar 104,571 dengan standar deviasi sebesar 3,551. Kemudian untuk nilai signifikan variabel adalah – 1,910 dan lebih besar dari £ 0,05. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara tingkat percaya diri mahasiswa yang mengikuti pencak silat dalam kategori laga dan kategori seni pada UKM pencak silat tapak suci UNESA.

Kata Kunci : Percaya Diri, Unit Kegiatan Mahasiswa, Pencak Silat.

Abstract

Confidence is important for everyone who carries out everything to achieve a demanded success as well as to socialize and adapt in an environment  in society life. UKM (the unit of students Activy) is an extracurricular which teaches students various things and guide students, who join these activities, in developing their talents, interests, and skills with positive personality values. Tapak Suci martial arts is one of the students activity units which can help students to improve their confidence who join and directly involve in training and matches. The purpose of this study was to determine differences in the level of students’ confidence who joined martial arts between fight and arts category in students activity unit of Tapak Suci martial arts in UNESA. This qualitative research used non-experimental approach with experiments design. The population were 14 students, consisting of 7 students in arts the category and 7 students in fight category in students activity unit of Tapak Suci martial arts in UNESA. The data were collected by using questionnaires and analyzed by using t - test. The result showed that the average value (mean) of students who joined fight category was 98.71 with a standard deviation of 7.29. and those that joined arts category was 104.571 with a standard deviation of 3.551. Then for the significant value of the variable was - 1.910 and greater than £ 0.05. Therefore, it can be concluded that there is no significant difference between the level of students’ confidence who join martial arts in fight and arts category in students activity unit of Tapak Suci martial arts in UNESA

Keywords: Confidence, Student Activity Unit, Martial Arts

Published
2017-04-06
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 210