PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo)

  • MUHAMMAD ARIF

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan bagian dari pendidikan manusia Indonesia seutuhnya. Pendidikan jasmani di sekolah mempunyai arti penting dari pendidikan keseluruhan, untuk mempunyai tujuan tersebut maka pengajaran PJOK memanfaatkan aktivitas jasmani sebagai sarana utama gerak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk  mengetahui apakah ada pengaruh penerapan modifikasi bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran PJOK, 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi terhadap efektivitas pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest – post test design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, karena sampel yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Kuisioner FCE (Formative Class Evaluation), 2. Lembar Observasi Kelas Dikjasor.

Hasil penelitian yang diperoleh dari lembar kuisioner FCE (Formative Class Evaluation) pada saat pertemuan pertama (pre-test) mendapatkan hasil sebesar 2,66%, sedangkan pada pertemuan ketiga (post-test) mendapatkan hasil sebesar 2,90%. Dari hasil pre-test dan post-test terjadi peningkatan sebesar 9,02%. Sedangkan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil Zhitung -3,857  nilai Ztabel -1,96 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Dan dari hasil lembar observasi kelas dikjasor juga menunjukan bahwa nilai akhir dari pertemuan kedua saat pemberian perlakuan (treatmen) pertama sebesar 80,8% mengalami peningkatan pada pertemuan ketiga saat pemberian perlakuan (treatment) kedua menjadi 92,6% dengan kategori baik sekali.

 Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan modifikasi permainan bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. Penerapan modifikasi permainan bolavoli berpengaruh sebesar 9,02% terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo.

Kata Kunci : Modifikasi, pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Abstract

Sport and health education is part of the Indonesian education. In school, sport education has essential role from the whole education. In order to fulfill that purpose, sport and health education use sport as the media. The aim of this study is 1. To determine whether there is influence the application of learning volleyball modification of the effectiveness of learning PJOK, 2. To determine how much influence the implementation of modifications to the learning effectiveness PJOK learning in class VIII SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. This type of research is a quasi experimental research with a quantitative approach to research design one group pretest - post test design. The sampling technique used in this study is a cluster random sampling, as samples were randomly selected. The instrument used in this study were 1. Questionnaires FCE (Class Formative Evaluation), 2. Classroom Observation Sheet Dikjasor. The result from questioner Formative Class Evaluation in the first meeting (pre-test) amounted to 2,66%, while at the third meeting (post-test) get the result of 2,90%. From result of pre-test an post-testthere is an increase of 9,02%. While the result of the hypothesis test of using Wilcoxon test, can be obtained the result value Zcount-3,857 value Ztable -1,96 with the level of significance 5% (0,05) and from the result of the observation class dikjasor also indicated that the end of the second meeting while giving first treatment of 80,8% rise in the third meeting while giving second treatment being 92,6% in category of very good. From the data, it can be concluded that there is a significance influence from the  implementation of volley ball modification learning to the effectiveness of learning physical education, sport and health in SMPN 2 Candi Sidoarjo. The implementation of volley ball modification learning is 9,02% towards effectiveness of learning physical education, sport and health in SMPN 2 Candi Sidoarjo.

Keywords : modification, of learning physical education, sport and health

Published
2017-04-06
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 82