PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET

  • ADIYANTO AKBAR FIRMANSYAH

Abstract

Abstrak

Berdasarkan model yang cocok, efektif dan lebih mudah dilakukan dalam proses belajar mengajar , yaitu model pembelajaran langsung dan tidak langsung model sangat berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan dan untuk memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Akhirnya dapat dipahami bahwa penggunaan model yang tepat dan bervariasi akan dapat menjadi alat motivasi kegiatan belajar mengajar disekolah dan itu juga bisa membuat proses belajar mengajar menjadi efektif dan optimal.siswa sendiri akan lebih aktif, percaya diri dan bersemangat untuk mengikuti proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan model pembelajaran langsung dengan tidak langsung terhadap hasil belajar dribble bola basket pada studi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 bangil dalam mengikuti mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Static Group Pretest – Posttest Design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan sebanyak 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan sampel sebanyak 34 siswa. Hasil  (pre-test) model pembelajaran langsung adalah rata- rata skor 18.9841 standar deviation sebesar 4.02980 dengan variant 16.239 pada model pembelajaran tidak langsung adalah rata- rata skor 19.5418 standar deviation sebesar 4.71616 dengan variant 22.242. Hasil (post-test) pada model pembelajaran langsung adalah rata-rata skor 16.0141 standar deviation sebesar 3.21679 dengan variant sebesar 10.348 dan Hasil skor test dribble sesudah diberikan perlakuan (post-test) pada model pembelajaran tidak langsung adalah adalah rata-rata skor 16.9065 standar deviation sebesar 3.23807dengan variant sebesar 10.485. Dengan demikian siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri Bangil lebih meningkat hasil belajar dribble bola basket dimana presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble bola basket pada kelompok model pembelajaran langsung saat sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 15.64 %. Sedangkan presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble bola basket pada kelompok model pembelajaran tidak langsung yaitu  sebesar 13.49 %. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar dribble bola basket untuk kelompok model pembelajaran langsung terdapat peningkatan yang cukup dari pada kelompok model pembelajaran tidak langsung.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Dribble bola basket, Siswa XI IPA-1

Abstract

Based on the suitable models, effective and easier that can be applied on learning process is direct learning model and indirect learning model. Both are very functional to relieve boredom and motivate the students in learning process. Finally, can be understood that apply the appropriate model and have variation can motivate the learning process and it can make the learning process become effective and optimal. the purpose of this research is to know the differnce between direct learning model and indirect learning model to the basket ball dribble learning outcomes of the students class  XI IPA SMAN 1 Bangil in following Physical Education subject. This research is included in pre experiments and have the static group pretest-postest design. The sample of this research is the students of class XI IPA 1 SMAN 1 Bangil Pasuruan which have amount 34 students. Based on the result of this research which have sample  34 students, the result (pretest) of direct learning model have average score 18.9841, standard deviation score 4.09280 and variant score 16.239. while the indirect learning have average score 19.5418, standard deviation score 4.71616, variant score 22.242. The result (post-test) of direct learning model have average score 16.0141, standar deviation score 3.21679, variant score 10.348 and the dribble test score after treatment (post-test) of indirect learning model have average score 16.9065, standar deviation score 3.23807 and variant score 10.485. Therefore, the students of class XI IPA-1 SMAN 1 Bangil have an increased in basketball dribble learning outcomes  by using direct learning model which have percentage improvement 15,64%%. While the enhancement of basketball dribble learning outcomes by using indirect learning model have percentage 13.49%. Acccording to the explanation, can be concluded that the basketball dribble learning outcomes of direct learning model group have an increased sufficient than indirect learning model group.

Keywords : Learning model, Basketball dribble, Students XI IPA 1.  

Published
2017-04-06
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 27