PENGARUH PEMBELAJARAN MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pamekasan)
Abstract
Abstrak
Pendidikan jasmani adalah proses interaksi antara peserta didik dan pendidik serta lingkungan yang dikelola melalui pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan secara sistematik, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, dan efisien menuju pembentukan manusia seutuhnya. Melalui pendidikan jasmani, individu dapat mengembangkan bakat sesuai potensi fisik yang dimilikinya. Dalam pelaksanaan pendidikan jasmani akan lebih menarik apabila guru memiliki kemampuan untuk membuat suasana proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Adapun upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan cara menciptakan model maupun bentuk dalam setiap permainan untuk mengelola pelaksanaan pembelajaran. Pada proses belajar mengajar, materi yang disampaikan tentang teknik dasar bola basket yang termasuk dalam permainan bola besar. Ada beberapa macam teknik dasar bola basket, salah satunya adalah dribble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pamekasan sebanyak 30 seluruh siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini, menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kecepatan dribble bola basket yang dilihat dari waktu yang terbaik atau waktu yang tercepat. Berdasarkan hasil nilai beda antara pre-test dan post-test untuk rata-rata adalah sebesar 2.47, standart deviasi 0.93, varian 3.04, beda nilai minimum pre-test dan post-test sebesar 0.59 sedangkan beda nilai maksimum pre-test dan post-test sebesar 3.19. Sehingga dari hasil tersebut besar pengaruh antara pre-test dan post-test sebesar 18.16% yang berarti bahwa pemberian pembelajaran modifikasi berpengaruh dalam pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar dribble bola basket.
Kata Kunci : Pembelajaran modifikasi, hasil belajar, dribble bolabasket.
Abstract
Physical education is an interaction process between the students and the teacher within the environment organized through learning development of physical education done systematically, so that the process of learning can be effective and efficient to figure out a human completely. Through physical education, an individual can improve their talent based on their physical condition. In the process of learning, it will be more interesting that the teacher has the ability to situate the learning process fun.There is a way that a teacher can do; it is by creating a model or a new form of game to arrange the learning process. In the process, material conveyed of basic technique of basketball is included in big ball game. There are some basic techniques in basketball, one of them is dribbling. This research aims to know the impact of modified learning to the result of dribble training of the seventh graded students of SMP Negeri 1 Pamekasan. This research uses the quantitative method with quasi-experimental research design.The population and the sample of this research is all 30 students of the seventh grade of SMP Negeri 1 Pamekasan. Sample determination of this research uses the technique of cluster random sampling.The instrument used is speed test of dribblingin basketball seen within the best or the fastest time one. From the different results between pre-test and post-test, the average is 2.47, the deviancy standard is 0.93, the variant is 3.04, and the minimum difference between pre-test and post-test is 3.19. It can be seen that the influence between pre-test and post-test is 18.16% that means the given modified learning to the result of dribble learning process in basketball.
Keywords : modified learning, learning result, dribbling.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

