PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PARTISIPASI AKIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V DAN VI SDN 1 KENDALREJO KABUPATEN BANYUWANGI

  • OKY RENDRA SATRIA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah suatu pendidikan yang menuntut siswa untuk bergerak secara aktif dengan pembelajaran yang menyenangkan agar dapat mencapai tujuan olahraga yaitu meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa. Di masyarakat terdapat banyak permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak dan mampu membuat mereka aktif serta senang. Oleh karena itu, perlu diterapkan permainan tradisional pada pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dan senang dalam pembelajaran tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh permainan tradisional terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN I Kendalrejo. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen Analisis Proporsi Fokus (APF). Sasaran penelitian ini adalah kelas V dan VI SDN 1 Kendalrejo dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain one group pre-test post-test design.

Hasil penelitian menunjukkan nilai mean pre-test sebesar 14,33 dan post-test sebesar 11,99. Serta dari hasil yang telah didapatkan diketahui tidak adanya pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK dibuktikan dengan nilai Zhitung -1,704 < Ztabel - 1,96 maka Ho diterima.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Partisipasi Aktif Siswa

Abstract

Physical education, sport and health is an education that requires students to be actively engaged with a fun learning exercise in order to a chieve the goal of improving physical fitness in students. In society there are many traditional game sare often played by children and be able to make them active and happy. Therefore, it is necessary to apply the traditional game on learning physical education, sports, and health so that students participate more actively and pleasure in learning.

The purpose of this study was to determine the effect and how much influence the traditional games on the active participation of students in physical education, sports and health. Goal of this research is class V and VI SDN 1 Kendalrejo.

The method in this analysis using quantitative descriptive. While the process of data collection is

done using instruments Focus Analysis Proportion (APF). Goal of this research is a class V and VI SDN 1

Kendalrejo by the number of samples taken as many as 24 students. The research is a quasi-experimental, with the design of one group pre-test post-test design.

The results showed a mean value of 14.33 pretest and post-test of 11.99. As well as from the results that have been obtained are known absence of the effect of applying the traditional games against

the active participation of students in learning physical education with evidenced by the Zhitung -1,704 < Ztabel -1,96 then Ho is accepted.

Keywords: Traditional Games, Active Participation of Students, 

Published
2017-04-06
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 385