PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN ANTARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GONDANG DENGAN MTS MIFTAHUL ULUM GONDANG, KABUPATEN MOJOKERTO

  • MOCH. INDRA FEBRI HARIANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mempersiapkan siswa untuk kehidupan yang akan datang. Secara umum, tujuan dan fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut maka diperlukan keseluruhan dan peran dari masing-masing pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Untuk itu guru harus memiliki strategi atau gaya mengajar yang interaktif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik. Motivasi adalah energi psikologis yang bersifat abstrak. Dalam proses belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak  yang  dapat  menimbulkan  kegiatan  dalam  proses  pembelajaran.  Motivasi  dan  belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi peserta didik dapat menerima pembelajaran dengan baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbandingan motivasi belajar dalam pembelajaran PJOK antara siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Gondang dengan MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto dengan keseluruhan jumlah 124 yang terdiri dari 64 siswa kelas VII SMP Negeri 1

Gondang dan 60 siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Gondang. Penelitian ini merupakan penelitian non

eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain komparatif. Data diperoleh dari siswa mengisi angket motivasi belajar. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t.

Hasil penelitian ini diperoleh tidak adanya perbandingan motivasi belajar PJOK antara siswa kelas VII  SMP Negeri 1  Gondang  dengan  MTs Miftahul Ulum Gondang, Kabupaten Mojokerto.  Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji t terdapat nilai thitung lebih kecil daripada nilai ttabel yaitu : thitung 0,177 < ttabel 1,9796 dengan taraf signifikan 0,05 dengan masing-masing persentase sebesar 80% dan 79,76% ini berarti sama-sama memiliki motivasi belajar yang tinggi

Kata Kunci: SMP dan MTs, Motivasi Belajar.

 

Abstract

Education is crucial activity with the intention to prepare the students for future lives. Purpose the national education in order to achieve the objective and function of national education it is required the unity among components in every education level system to form excellent quality of individual for all fields, for that reason, the aspects of   each lessons is necessary to reach the purpose of national education, one of them is Physical Education, Sport, and Health education. To achieve the goal, the teacher must have teaching strategy which is interactive, joyfull and also challenging, and motivating  for students. Motivation is psychology energy in abstarck form. In the process of learning, motivation can be defined as the moving power which bowers an activity in learning. Motivation and learning are two things which influence each other and the students so that they can receive the lesson well.

The goal of the this research is to discover the   difference of learning motivation in Physical Education, Sport, and Health education between 7th graders students of SMP Negeri 1 Gondang and MTs Miftahul Ulum Gondang Mojokerto with the number of subjects is 124 7th grade students consisted of 64 students of SMP Negeri 1 Gondang and 60 students of MTs Miftahul Ulum Gondang. This research is a non-experimental with quantitative approach and using comparation design. The data in this study is the motivation test scores obtained from the learning motivation students complete a questinnaire that has been prepared. The analysis technique used in this research was t-test.

The result of this research showed that there is no comparison between of Physical Education, Sport, and Health education motivation among the 7th  graders students in SMP Negeri 1 Gondang and students in MTs Miftahul Ulum Gondang, Mojokerto. This is proven  by the t-test result, it is obtained that tcount  value is less than ttable value that is : tcount 0,177 <  ttabel 1,9796 with significant level is 0,05  for each has precentage 80% and 79,76 % which prove that both groups of students have high learning motivation.

Published
2017-04-06
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 516