PENGARUH MODIFIKASI BOLA BASKET TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE (Studi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kertosono Tahun Ajaran 2015/2016)

  • TATAX OSCAR PRALISTA

Abstract

Abstrak

Modifikasi pembelajaran penjas merupakan cara meningkatkan kemungkinan keberhasilan suatu materi yang di berikan oleh pendidik, saat ini modifikasi tidak terbatas oleh sarana dan prasarana banyak faktor yang dipertimbangkan untuk melakukan modifikasi diantaranya faktor usia, tingkat kematangan, mental, dan mengurangi resiko cedera pada siswa. Konsep DAP ( Deverlomentally Appropriate practice ) adalah salah satu konsep pendekatan yang sesuai untuk menjadi pertimbangan dilakukan suatu modifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran dribble bola basket pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kertosono tahun ajaran 2015/2016 melalui permainan bola basket. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, dengan populasi siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kertosono yang berjumlah 283 siswa dan menggunakan sampel siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Kertosono yang berjumlah 32 yang diambil dengan cara menggunakan teknik Cluster Sampling.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan selama 4 kali pertemuan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan treatment dribble bola basket, ternyata memberikan peningkatan sebesar 11,37%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan modifikasi dribble bola basket, yaitu dribble lurus dengan berjalan, dribble lurus dengan berlari, dribble Step back, Zig – zag dapat meningkatkan minat dan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kertosono.

Kata Kunci: Dribble, Hasil belajar, Modifikasi.

Abstract

The modification in physical education learning is one of the way to increase the student understanding about the material that has been given by the teacher. In this time, modification is not only limited by means that used and the infrastructure. Many factor that should be considered in doing modification such as age, maturity level, mentality and reduce the student injured risk. DAP concept ( Deverlomentally Appropriate practice ) is one of he concept that considered can be used as doing the modification. The purpose of this research is to know the effect of modification and how much this method increase the understanding and ability of 7th grade student in SMPN 1 Kertosono school year 2015/2016 on basketball dribble learning through basketball game. This research use One Group Pretest-Posttest Design Research Design, with 7th grade student population in SMPN 1 Kertosono is 283 Students by using VII-A students as sample with the amount of students is 32 which is taken by using Cluster Sampling technique. Based on the research which has been done for four meeting, researcher can make a conclusion that the implementation of basketball dribble treatment, can increase the understanding and ability about it for 11,37 %. This prove that the modificationn of basketball dribble ,that used straight walk dribble,run straight dribble,stepback dribble, zig zag dribble can increase the interest and basketball dribble leraning result in SMPN 1 Kertosono 7th grade student.

Keywords : Dribble , Learning result, Modification,

Published
2017-04-07
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 357