PERBEDAAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DAN XI YANG MENGIKUTI EKSTRAKUIKULER BOLAVOLI DI SMKN 1 DAN SMAN 1 SUMENEP

  • HUSNUL KHOTIMAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa tidak terlepas dari kegiatan siswa di sekolah, yang terdiri dari intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satu ektrakurikuler yang diminati adalah bolavoli. Dalam kaitan belajar, disiplin merupakan salah satu prasyarat utama untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Tanpa disiplin maka belajar hanya merupakan aktivitas yang kurang bernilai. Siswa SMKN dan SMAN 1 Sumenep  memiliki perbedaan dalam jadwal latihan yang sudah ditentukan oleh sekolah.                   

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMKN 1 Sumenep dan SMAN 1 Sumenep. 2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kedisiplinan siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMKN 1 Sumenep dan SMAN 1 Sumenep. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI ekstrakurikuler bolavoli di SMKN 1 Sumenep dan SMAN 1 Sumenep. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 36 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan pendekatan desain komperatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kedisiplinan siswa.

Hasil analisa statistik didapatkan nilai thitung  0,433  ≤  ttabel 2.201 dengan Sig = 0,200 ≥ α = 0,05  yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak ada perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMKN 1 Sumenep dan SMAN 1 Sumenep. 

           Kata Kunci: Tingkat Kedisiplinan, Ektrakurikuler Bolavoli

Abstract

Physical education is an educational process of individuals and community members who do consciously and systematically through various activities in order to acquire the ability and physical skills, growth, intelligence, and character formation. Efforts to improve student learning outcomes can not be separated from the activities of students in the school, which consists of intra-curricular and extracurricular. One extracurricular interest are volleyball. In regard to learning, discipline is one of the main prerequisites for achieving success in learning. Without the discipline of the study is only an activity that is less valuable. Students SMKN and SMAN 1 Sumenep have differences in the training schedule set by the school.

The purpose of this study was 1) to determine differences in the level of discipline students of class X and XI which follow extracurricular volleyball at SMK 1 Sumenep and SMAN 1 Sumenep. 2) To find out how much the level of discipline students of class X and XI which follow extracurricular volleyball at SMK 1 Sumenep and SMAN 1 Sumenep. Goal of this research is the students of class X and XI extracurricular volleyball at SMK 1 Sumenep and SMAN 1 Sumenep. The number of samples taken as many as 36 students. The method in this analysis using comparative design approach. The instrument used in this study was a questionnaire discipline students

The statistik result obtained coefficient tcount 2,201 ≤ ttabl 0.433 with Sig = 0.200 ≥ α = 0.05, indicating that H0 is accepted and Ha rejected, so there is no difference in the level of discipline students of class X and XI which follow extracurricular volleyball at SMK 1 Sumenep and SMAN 1 Sumenep.

Keywords: Level of Discipline, Extracurricular Volleyball

Published
2017-06-06
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 39