PENGARUH PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo tahun Ajaran 2015/2016)

  • NURUL ILMIYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Menerapkan pemberian reward and punishment untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan reward and punishment terhadap hasil belajar dribble bola basket. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.  Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang di ambil hanya (laki-laki) di SMP Negeri 2 taman Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan tes dribble melewati kun secara zig-zag dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 21. Teknik analisa yang digunakan adalah kuantitatif, dianalisis dengan mencari nilai mean,  standart deviasi, varian,  menghitung uji-t, dan menghitung besar prosentase. Setelah melakukan penelitian selama 4 minggu terbagi menjadi 4 pertemuan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemberian motivasi ekstrinsik berupa  reward and punishment ternyata memberikan peningkatan yang signifikan pada siswa kelompok eksperimen sebesar 13,15% dan siswa kelompok kontrol sebesar 2,65%. Hal tersebut membuktikkan bahwa pemberian reward and punishment memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol.

Kata Kunci: reward and punishment, hasil belajar, dribble, bola basket

Abstract

The purpose of this research is 1. Applying the provision of reward and punishment to improve study results. 2. Know how big the influence of the application of reward and punishment of the result on the study dribble basketball. The research is research his experiment with the quantitative approach. Sample in this research is two classes are in extract just a male in SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. An instrument that in use is using passes a test dribble in crossover by using IBM SPSS Statistic 21. Technique working analysis is quantitative, analyzed by seeking mean, standart deviantion, counting t-test, and counted large prosentase. After conducting research for four  weeks devided into four meeting devided into two groups is the experiment group and control group. Researchers can conclude that the extrinsic motivation of reward and punishment in fact provides a significant increase in the experiment group students 13,15 % and the control group students of 2,65%. This proves that the reward and punishment give significant influence of the result of the study dribble basketball on the experiment group student and the control group students.

Keyword : Reward And Punishment, Result, Dribble and Basketball

Published
2017-06-06
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 56