PEMANFAATAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL DRILLS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP MATERI AJAR DRIBBLE PERMAINAN BOLA BASKET

  • SITI MASLIKAH

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat memudahkan dalam dunia pendidikan. Sehingga menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran. Guru harus mampu menentukan metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal. Karena perkembangan IPTEK yang semakin canggih, guru dapat memanfaatkan penggunaan media berbasis komputer yakni computer assisted instruction (CAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap peningkatan pemahaman materi ajar dribble permainan bola basket pada siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (praeksperimen) dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Bojonegoro yang berjumlah 240 siswa. Cara menentukan sampel dengan menggunakan cluster random sampling sehingga didapat kelas X IPS 4 yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman materi ajar dribble permainan bola basket pada siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Bojonegoro menggunakan media computer assisted instruction (CAI) model drills. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (8,839 > 2,060).

Kata Kunci: Computer Assisted Instruction, Pemahaman, Dribble

Abstract

Today, the development of science and technology makes everything easier for education. So,

teachers need to be more creative and innovative in managing the learning activities. Teachers should be able to determine which appropriate learning method that can be applied so that the purpose of the learning can be achieved. Since the science and technology are increasingly developed, teachers can use one of computer-based media namely Computer Assisted Instruction (CAI) to be applied in the teaching and learning process. The purpose of this study is to know the benefits of the use of computer assisted instruction (CAI) by using drills model to improve the understanding of dribble basketball game teaching material to the X IPS 4 students in SMA Negeri 3 Bojonegoro. This study is an experimental research using one group pretest-posttest design. The population of this study is the tenth graders of SMA Negeri 3 Bojonegoro with the number of 240 students. The way to determine the sample of the research is by using cluster random sampling which finally gets the X IPS 4 class with the number of 26 students as the sample. Based on the result of this study, it can be concluded that there were improvement in students’ comprehension of dribble basketball game teaching material to the X IPS 4 students in SMA Negeri 3 Bojonegoro by using computer assisted instruction (CAI) with drills model. It was proven by the t-test calculation which shows that the t-value > t-table (8,839 > 2,060).

Keywords: Computer Assisted Instruction, Kognitif, Dribble

Published
2017-06-06
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 19