PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM OLAHRAGA DENGAN MAHASISWA YANG HANYA MENERIMA MATA KULIAH PRAKTEK (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

  • A. FAWAID BIRRIY

Abstract

Abstrak

Tujuan pendidikan adalah untuk membuat hidup lebih sehat, sehingga pendidikan jasmani dibutuhkan. Guru pendidikan jasmani harus bisa untuk memberikan demonstrasi gerakan kepada siswanya. S-1 pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi memiliki tujuan menghasilkan pendidikan unggul dalam keterampilan akademik, belajar, latihan dan  memiliki  keterampilan hidup  (Buku Pedoman, 2012/2013: 75).  Di  dalam pendidikan formal  tentu  memiliki kegiatan ekstrakurikuler atau unit kegiatan mahasiswa yang dapat menampung mahasiswanya.

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan keterampilan motorik antara siswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa olahraga dengan mahasiswa yang hanya mengikuti praktek kuliah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa putra, jurusan Pendidikan Olahraga, UNESA. Tes yang digunakan untuk mengetahui keterampilan motorik adalah Barrow Motor Ability Test.

Berdasarkan hasil data penelitian, diketahui bahwa keterampilan motorik rata-rata siswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa olahraga adalah 145.26 dan keterampilan motorik rata-rata siswa yang hanya mengikuti praktek- praktek perguruan tinggi adalah 130,39. Dalam hasil perhitungan menggunakan SPSS 20, diketahui thitung (-3,040) lebih besar dari ttabel  (1,671). Dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan motorik siswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa olahraga dengan siswa yang hanya menerima kuliah praktek.

Kata Kunci:  Keterampilan motorik, Mahasiswa, UKM, Kuliah praktek

Abstract

The purpose of education is to  make life more healthy, so that physical education is required. Physical education teachers should be able to give their students a demonstration movement. S-1 physical education, health and recreation have the goal of producing a superior education in academic skills, learning, training and life skills (Buku Pedoman, 2012/2013: 75). In the formal education certainly have extracurricular activities or student activity unit can accommodate students.

While the purpose of this study was to determine the ratio between the motor skills of students who take the Student Activity Unit Sports students with students who just received a lecture practice. This study is a non- experimental study using a quantitative approach. Subjects were male college students, sports education, UNESA. The tests used to determine motor skills is a Barrow Motor Ability Test.

Based on the results of research data, it is known that the average motor skills of students who take the sport student activity unit was 145.26 and the average motor skills of students who only follow college practices is 130.39. In the calculation results using SPSS 20, known tcount (-3.040) is greater than ttable (1.671). It can be concluded there is a significant difference between the motor skills of students who take the Student Activity Unit Sports with students who just received a lecture practice.

Keywords:  Motor skills, Students, Sports Student Activity Unit, A courses practice

Published
2017-06-06
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 102