PENERAPAN METODE BERMAIN “LOMPAT GEMBIRA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS VII.D MADRASAH TSANAWIYAH TERPADU ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN

  • MUHAMMAD FEBRIANTO PERDANA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 hasil tes tindakan pada post tes sudah cukup baik jika dilihat dari nilai persentase diantaranya pada aspek teknik awalan tingkat kesalahan pada saat melakukan awalan sebanyak 14%  dan siswa yang benar mencapai 86%, aspek teknik tumpuan tingkat kesalahan pada saat melakukan tumpuan sebanyak 43% dan siswa yang benar mencapai 57%, aspek teknik melayang  tingkat kesalahan pada saat melayang sebanyak 43% dan siswa yang benar mencapai 57%, aspek teknik mendarat tingkat kesalahan pada saat mendarat sebanyak 24% dan siswa yang benar mencapai 76%. Dari hasil tersebut menunjukan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan lompat jauh gaya jongkok khususnya pada teknik melayang di udara yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada akhir penerapan. Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan lompat jauh gaya jongkok. Hasil tes tindakan pada post tes siklus 2 sudah baik dari pada siklus 1 jika dilihat dari nilai persentase diantaranya pada aspek teknik awalan tingkat kesalahan pada saat melakukan awalan 9%  dan siswa yang benar mencapai 91%, aspek teknik tumpuan tingkat kesalahan pada saat melakukan tumpuan 14%  dan siswa yang benar mencapai 86%, aspek teknik melayang tingkat kesalahan pada saat melayang 19% dan siswa yang benar mencapai 81%, aspek teknik mendarat tingkat kesalahan pada saat mendarat 0% dan siswa yang benar mencapai 100%. Berdasarkan hasil penellitian ini, metode bermain dapat dijadikan alternatif  pilihan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok karena  berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII.D MTs. Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan.

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Bermain.”Lompat Gembira”

Abstract

 

This study is a classroom action research with quantitative descriptive approach. The execution of this study is in two cycles with each cycle consists of four steps; (1) planning, (2) applying, (3) observing and (4) reflection. The data collection instruments used in this study are observation, documentation and test. The findings of this study are proven to be qualified to improve students’ skill in each cycle. In the first cycle from the prefix technique 86%, pedestal technique 57%, drifting technique 57%, landing technique 76%. The finding shows that there is an improvement in the skill of squat style long jump which is observable from the comparison of the pre-test results obtained before the application process and the post test result obtained in the final process of the application. In the second cycle, students’ skill in the squat long jump technique also improved. For the prefix technique 91%, pedestal technique 86%, drifting technique 81%, landing technique 100%. Based on the findings of the study, “ Fun Jump” playing method can be used as one of the alternatives in teaching squat style long jump. “ Fun Jump” playing method proven to be successful to improve the skill in Squat style long Jump of grade VII.D student of   MTs. Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan.

Keywords: Raising, Skill, Squat Style Long Jump, Playing Method “Fun Jump”

Published
2017-06-06
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 241