KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR AKREDITASI B (Studi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Widang Kabupaten Tuban)

  • RINA SALVIANA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu pendidikan di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa. Perkembangan motorik merupakan salah satu faktor terpenting dalam perkembangan setiap individu karena gerak dasar anak akan sangat berpengaruh bagi kemampuan motorik anak usia selanjutnya. Faktor lingkungan dan kebiasaan dalam bermain juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan motorik siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan motorik siswa sekolah dasar negeri yang memiliki akreditasi B se-Kecamatan Widang Kabupaten Tuban, (2) mengetahui unsur kemampuan motorik yang memiliki kategori lebih baik. Metode penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 5 sekolah yaitu pada siswa kelas V Sekolah Dasar se – Kecamatan Widang Kabupaten Tuban yang terakreditasi B. Kemampuan motorik siswa dapat diketahui menggunakan tes kemampuan motorik yang terdiri dari 4 macam tes yaitu: tes kelincahan (shuttle run), koordinasi (lempar tangkap bola dengan jarak 1 meter dengan tembok), keseimbangan (berdiri dengan satu kaki dengan mata terpejam) dan kecepatan (lari 30 meter), untuk menentukan kategori menggunakan norma, dan norma yang digunakan adalah skala lima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kemampuan motorik siswa kelas V SDN Patihan rata – rata adalah 246.67 dengan kategori sedang, SDN Ngadipuro rata – rata 200.00 dengan kategori sedang, SDN Ngadirejo rata – rata 200.00 dengan kategori sedang, SDN Widang I dengan kategori sedang, dan SDN Widang III rata – rata 200.00 dengan kategori sedang. Kesimpulan: kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar Negeri se – Kecamatan Widang Kabupaten Tuban khususnya pada siswa kelas V masuk dalam kategori sedang, sehingga harus ditingkatkan lagi.

Kata Kunci : kemampuan motorik, siswa, sekolah dasar.

Abstract

Physical education, sports and health (PJOK) is one of the subjects in elementary school that aims to develop the skills of student’s movement. Motor development is one of important factors in the development of every individual because children’s basic movement will impact the motor skill in later age. Environmental factors and playing habits may affect the motor skill of the students. The aim of this study is (1) determine motor skills student public elementary school that has accreditation B sub-district widang, (2) know the elements of motor skills have a better category. The research method used in this study was descriptive qualitative approach. The subjects of this study were fifth grade students in five schools with B accreditation in Widang Sub-district, Tuban Regency. Students’ motor skill can be known by using motor skill test which consist of four kinds of tests namely: the agility test (shuttle run), coordination test (throw and catch the ball in a distance of 1 meter with a wall), balance test (standing on one leg with eyes closed) and speed test (30-meter run), to determine the category using the norm and the norm used is the scale of five. Based on the result of this research, it was known that the average of motor skill of fifth graders in SDN Patihan was 246.67 in moderate category, the average of SDN Ngadipuro was 200.00 in moderate category, the average of SDN Ngadirejo was 200.00 in moderate category, SDN Widang I in moderate category, and SDN Widang III with the average of 200.00 in moderate category. So, it can be concluded that motor skill of elementary school students throughout Widang Sub-district, Tuban Regency especially for fifth graders were in moderate category, so it must be improved in the future.

Keywords: Motor Skill, Students, Elementary School.

Published
2017-06-06
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 157