PERBANDINGAN PENERAPA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) AN TIME TOKEN TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI

  • MAHIR DWI NUGROHO

Abstract

Abstrak

Dalam permainan bola voli ada beberapa macam teknik dasar salah satunya adalah passing atas. Untuk melakukan passing atas siswa akan menggunkanakan ke sepuluh jari tangan untuk mendapatkan hasil passing atas yang benar dan maksimal. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan Time Token, seberapa besar perbedaannya dan mana yang paling besar pengaruhnya terhadap ketuntasan belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 42 Surabaya. TAI merupakan salah satu model pembelajaran dengan sistem kelompok, dengan bantuan individu bagi siswa yang memerlukannya. Time Token adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dimana menekankan pada aspek sosial atau interaksi. Dengan diterapkannya model pembelajaran TAI dan Time Token akan diketahui model yang paling besar pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar passing atas bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 80 siswa, yang terdiri dari 40 siswa kelas VII-F sebagai kelompok eksperimen X1 TAI dan 40 kelas VII-E sebagai kelompok Eksperimen X2 Time Token. Dari perhitungan Uji t independent dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan model TAI dan Time Token terhadap ketuntasan hasil belajar passing atas bola voli yang dibuktikan dari nilai thitung = 1,66 lebih kecil dari ttabel (1,66 < 1,99) model pembelajaran kooperatif yang lebih besar pengaruhnya terhadap ketuntasan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 42 Surabaya, adalah tipe TAI dengan besar peningkatan 0,376 %

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Passing atas bola voli

Abstrak

In the game of volleyball are some basic techniques, one of them is Overhead pass. To perform Overhead pass, the students will be using ten fingers to get the correct and maximum result of Overhead pass. The Formulation of te problem posed in this study is whether there are differences in the implementation of cooperative learning model type TAI and Time Token, how big is the difference and where the greatest effect on learning completeness Overhead pass volleyball in the sevent grade student of SMPN 42 Surabaya. TAI is One model of learning by group system, with individual help for who need them. Time Token is one model of cooperative learning where the emphasis on aspect of social interaction. with the implementation of learning model Time Token, TAI and will be known the model which has the greatest effect on learning outcome Overhead pass volleyball.This study was an experimental study with quantitative descriptive approach. the sample in this study amounted to 80 students, consisting of 40 students of class VII-F as X1 for TAI experimental group and 40 Students of class VII-E as an experimental group X2 for Time Token. From the independent t-test calculation can be conclude that there is no difference model of TAI and Time Token toward mastery leraning outcomes Overhead pass volleyball as evidence from tvalue = 1,66 is smaller than ttable (1,66 < 1,99). Cooperative learning model that has greater influence on the throroughness of learning outcomes Overhead pass volleyball in the seventh grade students of SMPN 42 Surabaya, is a type of TAI with a huge increase of 0,376 %

Keywords : cooperative learning, Overhead pass volleyball

Published
2017-06-06
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 46