PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP GERAK DASAR MOTORIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SDN MARGOMULYO 1 BOJONEGORO

  • ITSNA RUSMAWATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sebagai upaya untuk melaksanakan fungsi pendidikan nasional maka peran guru dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh. Terutama pada anak usia sekolah dasar merupakan individu yang selalu aktif melakukan pemberontakan baik dengan dirinya sendiri, maupun terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka tidak hanya selalu ingin tahu tentang sesuatu, tetapi mereka juga selalu ingin mencoba dan mengalami, mereka juga merupakan individu yang aktif dalam bergerak seperti berlari, melompat, melempar, menangkap sampai koordinasi. Pada dasarnya anak telah mempunyai kemampuan gerak dasar yang telah dimiliki sejak lahir atau bawaan. Gerak dasar pada anak ini adalah gerak dasar motorik yaitu gerak dasar lokomotor, non lokomotor (stabilitas) dan manipulatif. Penelitian ini bertujuan 1.) Untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap gerak dasar motorik dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. 2.) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap gerak dasar motorik dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro dengan jumlah populasi 58 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan permainan tradisional terhadap gerak dasar motorik siswa dalam pembelajaran PJOK pada kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. Hal ini berdasarkan dari perhitungan menggunakan wilcoxon yaitu Zhitung (-2,770 ) > Ztabel (-1,96) dengan taraf signifikan 0,05. Besarnya pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap gerak dasar motorik dalam pembelajaran PJOK sebesar 14,22%.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Gerak Dasar Motorik 

Abstract

National education has function to develop ability, create disposition and build dignity civilization of nation in order to create smart life of nation. It aims to develop the potential of each student in order to be human that have a faith and devote to Almighty God, good attitude, health, educated, creative, independent, and become a democratic and responsible citizen. As the effort to execute the functions of national education, the role of teachers in learning process is very influential, especially for elementary school students that are actuve in some rebellion, whether to theirsef their surroundings. They are not only curious about something, but also they want to try it. They aro also active children who like running, jumping, throwing, catching, and having coordination. Basically, a chil has been gifted ability of basic movement since born. That basic movement are including basic movement of locomotor, non locomotor (stability) and manipulative. The aims of study 1.) Are knowing the effect of implementing traditional games toward the motoric basic movement in Sport Learning process of 5th grade SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. 2.) Are knowing how big the effect of implementing traditional games toward the motoric basic movement in Sport Learning process of 5th grade SDN Margomulyo 1 Bojonegoro is with the population of students is 58 students. The result of this study can be concluded that there is no significant influence of applying the traditional games toward basic movements of motor skills in 5th grade of SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. The result of the research was calculated based on wilcoxon calculation, that is Zcount (-2,770) > Ztable (-1,96), with significance level of 0,05. The magnitude of the effect of applying traditional games toward basic movements of motor skills in learning aducation of body, sport and health is 14,22%.

Keywords: Traditional games, Basic movements of motor skills

Published
2017-06-08
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 270