PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN PERATURAN PERWASITAN BOLA BASKET (Studi Pada Wasit Bola Basket Universitas Negeri Surabaya)

  • AFRIN DERISMA VARMADA

Abstract

Abstrak

Dalam kegiatan latihan wasit bola basket media adalah salah satu komponen yang mempunyai peran penting. Media berperan sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses latihan wasit bola basket universitas negeri surabaya. Media audio visual dapat memperjelas penyampaian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wasit bola basket universitas negeri surabaya. Cara memperoleh data menggunakan tes pemahaman peraturan perwasitan bola basket dengan tes pemahaman yang telah divalidasi oleh ahli dibidang perwasitan bola basket. Dari hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 21, saat pretest didapatkan rata-rata 58,7754, median 58,5300, nilai minimum 51,38, nilai maksimum 77,12, standar deviasi 7,25796, serta varian 52,678. Sedangkan hasil yang didapat saat posttest didapatkan rata-rata 71,2808, median 74,2600, nilai minimum 51,38, nilai maksimum 85,70, standar deviasi 9,44720, dan varian 89,250. Jadi besar pengaruh antara pretest dan posttest sebesar 21,28%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) adanya pengaruh yang signifikan pada pemanfaatan media audio visual terhadap pemahaman peraturan perwasitan bola basket, 2) terdapat penigkatan pemahaman peraturan perwasitan bola basket dengan menggunakan media audio visual. Hal ini terbukti dari penghitungan besar pengaruh media audio visual pada peningkatan pemahaman peraturan perwasitan bola basket sebesar 21,28%.

Kata kunci: Media Audio Visual, wasit.

Abstract

Practice the referee basketball media is one of the components that have an important role. The media acts as communication tools to streamline process exercise referee basketball State University of surabaya. Audio visual media can clarify the delivery of messages and information so as to facilitate the process of learning and improving learning outcomes. Type of research is quasi experiment with quantitative descriptive approach. While the research design used was one group pretest – posttest design. The population in this research is the entire referee basketball State University of surabaya. How to obtain the test data using the understanding of basketball refereeing rules test with the understanding that has been validated by experts in the field of refereeing basketball. Results of the analysis using computer applications SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) version 21, during a pretest obtained an average of 58.7754, median 58.5300, minimum value 51.38, maximum value of 77.12, standard deviation 7.25796, and Variant 52.678. While results obtained a posttest obtained an average of 71.2808, median 74.2600, minimum value 51.38, maximum value of  85.70, standard deviation 9.44720, and Variant 89.250. So, great an influence between pretest and posttest of 21,28%. Results of this research are as follows 1) the existence of significant effects on utilization of audiovisual media towards understanding the regulation of refereeing basketball, 2) there are penigkatan understanding of basketball refereeing rules by using audio visual media. This is evident from the large tally of audio visual media influence on increasing the understanding of the rules of referee basketball 21,28%.

Keywords: Audio Visual Media, referee.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 28