PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR BOUNCE PASS BOLA BASKET DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • GANJAR WICAKSONO

Abstract

Abstrak

 Pembelajaran kooperatif adalah metode yang saat ini banyak diteliti oleh pakar pendidikan karena pembelajaran kooperatif terbukti efektif meningkat hasil belajar siswa. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah saat ini juga memerlukan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Untuk itulah penelitian ini menerapkan pembelajaran kooperatif metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran bounce pass bola basket dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap ketuntasan hasil belajar bounce pass bola basket dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Untuk mengetahui pengaruh metode tersebut digunakan metode penelitian kuantitatif true experiment dengan menggunakan satu instrumen penelitian yaitu lembar penilaian ketuntasan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-b dan VIII-c SMPN 2 Tegalombo Tegalombo Pacitan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode Student Team Achievement Division (STAD) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil ketuntasan belajar bounce pass bola basket, yaitu sebesar 11,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif metode Student Team Achievement Division(STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil ketuntasan belajar bounce pass bola basket dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tegalombo Tegalombo Pacitan.

 Kata Kunci              : Pembelajaran Kooperatif, STAD, Bounce Pass, Bola Basket.

 

Abstract

 Cooperative learning is a method that is now widely studied by education experts because cooperative learning proven effective in increasing student learning outcomes. Physical Education and Health as a compulsory subject in schools today require effective learning methods to improve the completeness of student learning outcomes. For that reason this study implementing cooperative learning methods Student Team Achievement Division (STAD) in the learning of basketball bounce pass in Physical Education Sport and Health.The purpose of study was obtaining knowledge about the effect of cooperative learning methods Student Team Achievement Division (STAD) toward bounce pass basketball outcomes completeness in the physical education and health. To gain the effect of method, it used true experiment quantitative research. This research used one research instruments that was sheet completeness assessment of student learning outcomes. And the sample of research was the students of eight grade (B & C Class) at SMPN 2 Tegalombo, Tegalombo Pacitan.The result of research showed that the cooperative learning methods Student Team Achievement Division (STAD) gave the effect to the bounce pass basketball outcomes completeness significantly. And the improvement reached 11,51%. So, it can be conclude that the cooperative learning methods Student Team Achievement Division (STAD) can be used to improve an bounce pass basketball outcomes completeness into the physical sport and health education at eight grade students of SMPN 2 Tegalombo, Tegalombo Pacitan.

Keywords: Cooperative Learning, STAD, Bounce Pass, Basket Ball.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 28