PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR UNDERHAND PASS BOLAVOLI (STUDI PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKAM TRACAL KARANGGENENG LAMONGAN)

  • BUKHORI

Abstract

Abstrak

Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan hasil belajar underhand pass bolavoli. Akan tetapi dalam kenyataan dan praktek dilapangan masih banyak siswa yang masih belum paham dan mampu melakukan apa yang telah disampaikan pada saat pembelajaran. Untuk itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat agar siswa bisa lebih mudah dalam menguasai gerakan-gerakan underhand pass pada bolavoli. Tujuan penelitian ini untuk : 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar underhand pass bolavoli dengan diterapkan metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan 2) Untuk mengetahui metode apakah yang lebih baik antara metode pembelajaran bagian dengan metode pembelajaran keseluruhan terhadap hasil belajar underhand pass bolavoli. Sasaran untuk penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan yang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-A berjumlah 20 siswa dan Kelas VIII-B berjumlah 20 siswa.  Berdasarkan hasil perhitungan statistik menunjukkan mean dari hasil belajar underhand pass bolavoli kelas VIII-B dengan metode pembelajaran bagian yaitu26,365 sedangkan mean dari hasil belajar underhand pass bolavoli kelas VIII-A dengan metode pembelajaran keseluruhan yaitu 24,960. Untuk presentase peningkatan hasil belajar underhand pass bolavoli untuk metode bagian yaitu 58%, sedangkan presentase peningkatan hasil belajar underhand pass bolavoli untuk metode keseluruhan yaitu 57%.  Hasil analisis data dan pembahasan yang dilihat dari uji Indpendent Sample Test  menunjukkan bahwa nilai t hitung (0,728) lebih kecil dari pada t tabel (2,013). Sehingga dengan demikian Ha ditolak dan Ho diterima. Jadi tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan hasil underhand pass bolavoli studi pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran bagian lebih baik dari pada metode pembelajaran keseluruhan.

Kata Kunci : Metode Bagian Dan Keseluruhan, Underhand Pass

Abstract

A lot of learning methods used in order to improve volleyball underhand pass result. Yet, in real life and practice in the yard, there are many students who still do not understand and be able to do what have been delivered in learning process. Therefore, it is needed a suitable learning method so that students can master the movements in volleyball underhand pass easily. This study aimed to: 1) To know the result differences of volleyball underhand pass using part and whole learning method 2) To know whether part or whole learning method is better to the result of learning volleyball underhand pass. The target of this study is VIII grade students of MTs Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan which consists of 2 classes that are VIII-A class with 20 students and VIII-B class with 20 students. Based on statistic counting result, mean of volleyball underhand pass learning result of VIII-B class with part learning method is 26,365 whereas mean of volleyball underhand pass learning result of VIII-A with whole learning method is 24,960. The percentage of result improvement of learning volleyball underhand pass with part learning method is 58%, meanwhile the percentage of result improvement of learning volleyball underhand pass with whole learning method is 57%. Data analyses result and discussion can be seen from Independent Sample Test which chows that count t (0,728) smaller than table t (2,013). Thus Ha is refused and Ho is accepted. Therefore there is no significant difference between part and whole learning method in result improvement of volleyball underhand pass to VIII grade students of MTs Darul Hikam Tracal Karanggeneng Lamongan. This shows that part learning method is better than whole learning method.

Keywords: Part and Whole Method, Underhand Pass

Published
2017-06-08
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 48