PEMANFAATAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL DRILLS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA  TERHADAP MATERI AJAR PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN NARKOBA DAN PSIKOTROPIKA (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Nganjuk)

  • FANDI RAMADHANI

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan penggunaan teknologi pembelajaran dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Guru dituntut untuk mampu menentukan metode yang tepat dalam menyampaikan materi ajarnya supaya tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal. Penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan salah satu cara efektif untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa.  Salah satunya yaitu dengan menggunakan media berbasis komputer yakni computer assisted instruction (CAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap materi ajar pencegahan dan penanggulangan narkoba dan psikotropika pada siswa kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 di SMA Negeri 2 Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Nganjuk yang berjumlah 339 siswa. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga didapat kelas XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol (33 siswa) dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen (32 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap peningkatan pemahaman materi ajar ajar pencegahan dan penanggulangan narkoba dan psikotropika  pada siswa kelas XI MIA 3 dan MIA 4 di SMA Negeri 2 Nganjuk. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (10,388 > 2,039) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media computer assisted instruction (CAI) model drills untuk meningkatkan pemahaman siswa materi ajar pencegahan dan penanggulangan narkoba dan psikotropika pada siswa kelas XI MIA  SMA Negeri 2 Nganjuk dengan peningkatan murni sebesar 31,71% yang didapat dari peningkatan eksperimen – peningkatan kontrol = 57,41% - 25,70% = 31,71%.

Kata Kunci : Computer Assisted Instruction, Pemahaman, Narkoba dan Psikotropika

Abstract

Technology Development which more advance causes the using of teaching technology in educational world has big influence to the process and student’s study result. The Teacher has to decide the appropriate methods in delivering teaching material in order to reach the goal maximaly. The using of teaching media can be one of the effective ways  in delivering teaching material to the students. One of them is by using computer based media named computer assited intructions (CAI). The goal of this study is to know  the influence of computer assited intructions (CAI) media in drills models toward teaching material of drugs and psycotropic prevention of eleventh MIA 3 and eleventh MIA 4 in SMAN 2 Nganjuk. Study method uses experimental study and study design uses randomized control group pretest-posttest design. Population of this study is 339 students of eleventh grades SMAN 2 Nganjuk. Sample decision using cluster random sampling, there are eleventh MIA 3 as control group (33 students) and eleventh MIA 4 as experimental group (32 students). Based on the study result, it can be concluded that there is influence between the using of computer assited intructions (CAI) media in drills models toward the increasing of drugs and psycotropic prevention material mastering of eleventh MIA 3 and MIA 4 SMAN 2 Nganjuk. It can be proved from T test that show value of T > T table (10,388 > 2,039) means Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is influence of computer assited intructions (CAI) media in drills models to increases student’s mastering in drugs and psycotropic prevention material of  eleventh grade MIA SMAN 2 Nganjuk with the increasing number 31,71% that is gotten from experimental increasing – control increasing = 57,41% - 25,70%  = 31,71%.

Keywords : Computer assisted instruction, Mastering, drugs and psycotropic

Published
2017-06-08
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 21