PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MODELING, PENGUATAN, DAN PEMBIASAAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • UMAR HADI WAHYU DARYONO

Abstract

Abstrak

 Mengingat pentingnya pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan, maka diharapkan siswa mampu mengimplementasikan pendidikan karakter tersebut melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang efektif dalam proses pendidikan karakter. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran modelling, penguatan, dan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran modelling, penguatan dan pembiasaan terhadap pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Untuk mengetahui pengaruh metode tersebut digunakan metode penelitian kuantitatif true experiment dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu angket skala sikap dan observasi perilaku. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-a dan IV-b SDN. Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran modelling, penguatan dan pembiasaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV di SDN PEPE 497 Sedati Sidoarjo, yaitu sebesar 63,70%.

Kata Kunci   :  Karakter, Modelling, Penguatan, Pembiasaan, Lingkungan.

Abstract

 In accordance with the importance of character education in the curriculum of education, so it is hopeful of students to be able to implement the character education into health and physical education. That’s why, it is needed the effective learning method in the character education process. The method of learning in this research was modelling learning method, reinforcement and habituation. The purpose of study was obtaining knowledge about the effect of conducted method to the learning of environmental awareness character education in the physical and health education. To gain the effect of method, it used true experiment quantitative research. This research used two research instruments that was attitude scale questionnaire and attitude observation. And the sample of research was the students of fourth grade (A & B Class) at Pepe Elementary School, Sedati Sidoarjo. The result of research showed that the method of modeling learning, reinforcement and custom gave the effect to the learning improvement of environmental awareness character education significantly. And the improvement reached 63, 70%.

Keywords             :               Character, Modelling, Reinforcement Habituation, Environment.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 37