SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN LAMONGAN
Abstract
Abstrak
Guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik serta memiliki integritas dan kreatifitas yang luas. Sebagai guru dalam bidang studi pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada kurikulum 2013 dituntut untuk mampu mengaplikasikan materi ke dalam bentuk tematik integrative yaitu model pembelajaran yang diarahkan pada pendidikan yang berkarakter serta mengintegrasikan isi pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahamn guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, serta kuesioner sebagai alat pengumulan data, yaitu monitoring dan evaluasi proses pembelajaran kurikulum 2013 yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian disebarkan pada guru kelas VII (tujuh) dan kelas VIII (delapan) pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di 6 SMP Negeri se-Kabupaten Lamongan dengan jumlah guru 11 orang. Kemudian hasil penelitian dirata-rata (mean) dan dianalisis data persentase dan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru PJOK terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kabupaten Lamongan dengan nilai rata-rata 75,05% yang kemudian dikonversi ke dalam nilai kategori “paham”.
Kata Kunci : Kurikulum 2013.
Abstract
Teachers have an important role in improving the quality of learners as well as having extensive integrity and creativity. As a teacher in the field of study Physical Education Sports and Health in curriculum 2013 required to apply the material in the form of thematic integrative teaching model that was aimed at integrating character education and learning content in order to determine the extent to which teachers understanding level Physical Education, Sports, and Health on the implementation of the in curriculum 2013 in all of junior high school in Lamongan regency. This type of research is non experiment using survey design ad questionnaire as a data collection tool. The monitoring and evaluation of the learning process of curriculum 2013 are sourced from the Ministry of Education and Culture, then spread to teachers VII (seven) and VIII (eight) Physical Eduacation, Sports, and Health in six all of junior high school in Lamongan regency, amounting to eleven teachers. Then percentage of encode analysis and mean use descriptive quantitative. The results showed that the teachers understanding of the implementation of the Physical Education, Sports, and Health curriculum 2013 in all of junior high scool in Lamongan Regency with an average percentage of 75,05% which then convented into the value category with the value of the category “understanding”
Keywords : Curriculum 2013.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

