PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK SISWA (Studi Pada Siswa Kelas IV SDN Sukosari 03 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang)

  • ANDIKA TIYAS APRILIAWATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu pendidikan di sekolah dasar yangbertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa. Perkembangan motorik merupakan salah satu faktor terpenting dalam perkembangan setiap individu karena gerak dasar anak akan sangat berpengaruh bagi kemampuan motorik anak usia selanjutnya. Faktor lingkungan dan kebiasaan dalam bermain seperti permainan tradisional juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan motorik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik siswa, (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik siswa kelas IV SDN Sukosari 03 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest-post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa dari kelas IV SDN Sukosari 03. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan motorik yang terdiri dari 4 butir tes yaitu: tes kelincahan (Shuttle Run 4 x 10 meter), tes koordinasi (lempar tangkap bola jarak 1 meter ke tembok), tes keseimbangan (stork stand positional balance) dan tes kecepatan (lari cepat 30 meter). Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik siswa kelas IV SDN Sukosari 03. Hal ini berdasarkan dari perhitungan uji-t paired samples test yaitu thitung > ttabel dengan nilai 3,891 > 1,701 dengan taraf signifikan 0,05. Besar pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik sebesar 28,67%.

Kata Kunci : Permainan tradisional, kemampuan motorik.

Abstract

Physical education, sport and health is one of the subjects in elementary school which aim is to develop student’s motoric skills. Developing motoric skills is one of the important factor for individual growth because child basic movements will influence the child’s motoric skills in the future. Environmental factors and playing habits such traditional games also influence student’s motoric skills. The aim of this study is (1) to understand the influence of the aplication of traditional games in physical education, sport and health learning process to the student’s motoric skills, (2) to understand the influence of the aplication of traditional games in physical education, sport and health learning process to the motoric skills for grade IV students at SDN Sukosari 03 Kasembon Malang. The research types used in this study is the quasi experiment method, with quantitative approach research design, one group pretest-post test design. The sample of this study is 29 students from grade IV at SDN Sukosari 03. The instrument used in this study is the motoric skils test consisting 4 test types: agility test (shuttle run 4 x 10 meter), coordination test (throw and catch the ball between 1 meter at the wall), balance test (stork stand position balance) and speed test (30 meters sprint).From the result of this study it can be concluded that there is a significant influence of the aplication of traditional games in PJOK learning process to the student’s motoric skills for grade IV students at SDN Sukosari. The result of the research was calculated based on t-test paired samples test which is tarithmetic > ttable with score 3,891 > 1,701 with significant level of 0,05. The magnitude of the effect influence of the aplication of traditional games in PJOK learning process to the student’s motoric skills is 28,67%.

Keywords: Traditional game, motoric skill.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 1162