HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN LAMONGAN

  • FEBBRI ADITYA

Abstract

Abstrak

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan sekolah non-formal yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya. Kegiatan ini dilakukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah terutama kegiatan yang berlatar olahraga. Dalam ekstrakurikuler pencak silat banyak menanamkan rasa kedisiplinan, tingkat kejujuran dan tanggung jawab siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan orang tua dengan minat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri Se-kecamatan Lamongan, jika ada hubungan seberapa besar hubungan antara dukungan orang tua dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri Se-kecamatan Lamongan.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah dengan menggunakan desain non-eksperimen dan pendekatan korelasional (penelitian yang dilakukan untuk mencari dua hubungan atau lebih). Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Se-kecamatan Lamongan yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat yang terdiri dari dua sekolah yaitu : SMA Negeri 1 Lamongan dan SMA Negeri 2 Lamongan dengan jumlah total 25 siswa.

Data pada penelitian ini  adalah berupa angket yaitu angket dukungan orang tua dan angket minat siswa mengikuti ekstrakurikuler pencak silat, angket tersebut telah disediakan oleh peneliti dan akan diisi oleh responden. Angket dukungan orang tua dibagi menjadi tiga indikator yaitu: indikator fasilitas, ucapan dan tindakan sedangkan untuk angket minat siswa dibagi menjadi empat indikator yaitu: indikator alasan, keinginan, perasaan dan tujuan.   Pengisisan angket dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan orang tua dengan minat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat. Diketahui dari analisis dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 20 diperoleh nilai r sebesar 0,272 sehingga nilai r < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan antara dukungan orang tua dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler pencak silat. Dengan demikian antara dukungan orang tua dengan minat siswa tidak memiliki hubungan yang signifikan.

Kata Kunci : Dukungan orang tua, minat siswa, ekstrakurikuler pencak silat.

Abstract

An extracurricular school activities non-formal implementation effectiveness of the learns in developing interest and talents. The activity is done to support learning mainly sport activities. In extracurricular pencak silat instill a sense of discipline, honesty and responsibility level of student either in school or environment society.

The purpose of study was to determine whether there is a relationship between the support of parents to students interest in  extracurricular pencak silat at sman in district lamongan. If there this a relationship between the support of parents to students interest in extracurricular pencak silat at sman in district Lamongan. Type of research is descriptive study, using a quantitative approach. The design of this study design non experimental and correlational (research being done to find two or more relationships). This population was students of SMA Negeri at district Lamongan which follow extracurricular pencak silat, consist of two school, namely : SMA Negeri 1 Lamongan and SMA Negeri 2 Lamongan. 

The data of this research was the questionnaire to support of parents and student interest in extracurricular pencak silat that had been served by the research. Parental support questionnaire divided become three indicators that: indicator facilities, speech, and action. While student interest questionnaire is devided into four that: indicator reasons, feeling, desire and goals. The filling of the questionnaire was done for knowing the support of parents to students interest in extracurricular pencak silat. From this, knowed from the analysis with IBM SPSS Statistic 20  obtained by the r  value of  0,272 that r < 0,05 . it can be said no connection between the support of parents with students attending extracurricular interest in pencak silat. Thus the support of parents with the students interest does have’t a significant relationship.

Keywords : support of parents, student interest, pencak silat.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 44