PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Babat, Kab. Lamongan)

  • ESTY ALIFIA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada dasarnya bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Namun banyak dijumpai guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang mengajar secara monoton dan kurang efektif  kepada siswa dalam pembelajaran karena terbatasnya variasi pembelajaran sehingga banyak didapatkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang kerja sama sehingga pada pengajaran pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan cenderung menurun. Oleh karena itu, alternatif solusinya yaitu dengan memberikan suatu permainan yang pernah mereka mainkan, misalnya permainan tradisional yang sedemikian rupa agar kerja sama siswa dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bisa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh Penerapan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Babat Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. 2) Mengetahui besarnya pengaruh Penerapan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Babat Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Babat Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 33 siswa. Hasil analisa statistik didapatkan nilai nilai thitung  -0,402<  ttabel 1,697 dengan Sig = 0,690> α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak ada pengaruh pada penerapan permainan tradisional untuk meningkatkan kerja sama siswa dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Babat Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Kerja Sama Siswa

Abstract

Physical, sports and health education is an integral part of the education system as a whole  it is intended  to develop aspects of health, physical fitness, critical thinking skills, emotional stability, social skills, reasoning and moral action through physical activity and sport. But many student have found physical education teachers, and their to be teaching monotonous and inettective for the students in learning because of the limited variety of delivery method so many students are less active and less cooperating in when learning physical education, sports, and health tends to decline. Therefore, an alternative solution is to provide a game they have ever played, for example, traditional games in anattemet to increase the cooperation of students in physical education, sports, and health.The purpose of this study are 1) to determine the effect Application of Traditional Games to Enhance Cooperation Students in Learning Physical Education, Sport and Health on Students in class VII SMPN 1 Babat, Lamongan. 2) to Determine the effect adoption of  Traditional Games to Enhance Cooperation Students in Learning Physical Education, Sport and Health on Students in class VII SMPN 1 Babat, Lamongan. Goal of this research is the students of class VII SMPN 1 Babat, Lamongan and the number of samples taken as many as 33 students. The method in this analysis is using quantitative descriptive statistical methods. While the process of data collection is done by using a Likert scale questionnaire. Statistical analysis values obtained tcount -0,402< t table 1.697 with Sig = 0,690> α = 0.05, indicating that H0 is accepted and Ha rejected, so there is no effect on the application of traditional games to enhance the cooperation of students in Physical Education, Sports and Health in the seventh grade students of SMPN 1 Tripe Distric of Babat, Lamongan.

Keywords: Traditional Games, Cooperation Student

Published
2017-06-09
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 70