PENERAPAN PERMAINAN KECIL DALAM PEMANASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING PADA PERMAINAN BOLA TANGAN PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 DI SMK PRAPANCA 2 SURABAYA

  • GALIH PURBO UTOMO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan suatu proses interaksi sistematik antara anak didik dengan lingkungan yang dikelola melalui pengembangan jasmani secara efektif dan efisien menuju pembentukan manusia seutuhnya. Untuk mengetahui dan mengembangkan keterampilan siswa tidak harus pada ekstra ataupun keikutsertaan dalam club. Melainkan bisa dari permainan-permainan kecil yang cara permainannya menggunakan salah satu dari teknik permainan yang ada dalam kompetensi dasar. Saat mengajar materi permainan bola tangan banyak siswa yang kurang terampil dalam melakukan operan, maka dari itu penulis ingin melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan operan pada permainan bola tangan dengan menggunakan salah satu permainan kecil berburu binatang dalam pemanasan. Penelitian ini menggunakan permainan kecil berburu binatang dan lempar kejar bola, karena permainan itu sangat diminati dan disukai oleh siswa, serta dalam permainan itu terdapat teknik melempar bola. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh permainan kecil dalam pemanasan untuk meningkatkan kemampuan passing pada permainan bola tangan pada siswa kelas XI Akuntansi 1 di SMK Prapanca 2 Surabaya, 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh permainan kecil dalam pemanasan untuk meningkatkan kemampuan passing pada permainan bola tangan pada siswa kelas XI Akuntansi 1 di SMK Prapanca 2 Surabaya. Hasil penelitian ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan passing pada permainan bola tangan dan Untuk membantu siswa mengembangkan bakat yang dimiliki dalam permainan bola tangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen murni dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan permainan kecil dalam pemanasan untuk meningkatkan kemampuan passing pada permainan bola tangan pada siswa kelas XI Akuntansi 1 terbukti dengan nilai Thitung 5,527 > Ttabel 2,045 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berati bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan besarnya pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan untuk meningkatkan kemampuan passing pada permainan bola tangan pada siswa kelas XI Akuntansi 1 di SMK Prapanca 2 Surabaya adalah 80,15%.

Kata kunci: Permainan kecil, Pemanasan, Passing, Bola tangan.

Abstract

Physical education, sport, and health is process of systematic interaction between students with the enviroment which is managed through effective and efficient physical development towards formation of a human to find out and develop students’ skill is not necessarily through clubs or extra curryculer activity. For instance, small games can be used as one of the methods that already exist in basic competence. When teaching the material about handball games most of students little skills to do passing. Therefore, the author conduct a research to investigate the relation of passing in handball games which is used in hunting animals small games. This study used hunting small games and throwing chase ball, because these games are enjoyable for students, and contains throwing ball method. The purpose of this study are 1) To know the influence of small games in the warming up to improve passing abilities in handball games to students of SMK Prapanca 2 Surabaya grade accounting 1, 2) To know the significance of the  influence of small games in the warm up to improve passing abilities in handball games to students of SMK Prapanca 2 Surabaya grade accounting 1. The result of this study can help student to improve and develop passing abilities on handball games. This study used experiments with quantitative descriptive approach. The result of this study showed that there were significant influence in the application small games the warm up to improve passing abilities on handball games to the students of SMK Prapanca 2 Surabaya grade accounting 1. They where proved with Tvalue 5,527 > Ttable 2,045 with significance value 0,000 < 0,05 which means H0 is rejected and Ha accepted and there is significance of the application of small games on handball games in warm up to improve passing abilities in handball games to students of SMK Prapanca 2 Surabaya grade accounting 1 is 80,15%.

Keywords : Small games, Warm up, Passing, Handball.

Published
2017-06-09
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 43