PENGARUH MODIFIKASI GARIS SERVIS PENDEK YANG DIPERLUAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DROPSHOT BULUTANGKIS

  • RICHA PUTRI AGUSTINA

Abstract

Abstrak

PJOK adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani, permainan atau olahraga yang terpilih untuk mencapai tujuan pendidikan. PJOK merupakan bagian penting dari perkembangan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan secara menyeluruh, juga sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan pembangunan bangsa melalui prestasi siswa dalam bidang olahraga, namun sering dijumpai bahwasanya banyak guru PJOK yang mengajar dalam pembelajaran yang diberikan kurang berinovasi dan tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran materi dropshot bulutangkis cenderung kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh modifikasi garis servis pendek yang diperluas terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis pada siswa kelas X SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Sidoarjo. 2) Mengetahui besarnya pengaruh modifikasi garis servis pendek yang diperluas terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis pada siswa kelas X SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Sidoarjo. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Kabupaten Sidoarjo. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif. Hasil analisa statistic Mann-Whitney, nilai Z sebesar 6,746 dengan p-value sebesar 0.011 lebih kecil dibandingkan nilai alpha 0,05 sehingga ada pengaruh modifikasi garis servis pendek yang diperluas terhadap hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada materi pukulan dropshot bulutangkis pada siswa kelas X SMK Mitra Sehat Mandiri Krian Sidoarjo berdasarkan prosentase peningkatan yaitu sebesar 64,07 %.

Kata Kunci: Modifikasi, Garis servis pendek, Hasil belajar

Abstract

PE is one of the processes in physical activity, game, or sport that is chosen to reach the objective of the study. PE is an importan thing in developing students’ skill in order to reach the whole objective of the study, also as a media to realize development of a country by geeting many achievements in sport. But, many of PE teachers teach without any innovation in teaching learning process and also do not use media as facility in teaching learning process. The purpose of this research is 1) the effect of expansion short service line modification to the learning outcomes of drop shot in badminton tho the graders of SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Sidoarjo. 2) size of the effect of expansion short service line modification to the learning outcomes of drop shot in badminton to the ten graders of SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Sidoarjo. The object of of this research is ten graders of SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Sidoarjo. . This study use quantitative approach abd the method that used to analyze the data is statistical descriptive quantitative. The result of Statistical analysis Mann-Whitney, score Z in 6,746 with p-value 0,011 smaller then alpha 0,05 It can be concluded that there is an effect of expansion short service line modification ti the learning outcomes in PJOK teaching learning activity in drop shot badminton material to the ten graders of SMK Mitra Sehat Mandiri Krian, Sidoarjo. The percentage og the student’ increasing is 64,07%.

Keywords: Modification, Short service line , Learning outcomes

Published
2017-06-09
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 34