PENERAPAN PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan)

  • KUKUH RIAWAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia. Berhasil tidaknya suatu pendidikan tergantung pada pelaksanaan proses pendidikan yang baik dan terarah sesuai dengan aturan yang ada. Dalam lingkungan sekolah berbagai macam permasalahan yang memerlukan perhatian yang serius, salah satunya dalam proses belajar mengajar. Di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan dalam mengajarkan gerak dasar tidak digabungkan dengan permainan-permainan. Hal ini akan berdampak pada minimnya gerak yang dilakukan siswa. Diharapkan dengan adanya modifikasi permainan siswa akan tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan tentunya meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan modifikasi permainan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan. (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan modifikasi permainan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan diskirptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa, yaitu kelompok kontrol kelas VII H yang berjumlah 28 siswa dan kelompok eksperimen kelas VII I yang berjumlah 28 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan modifikasi permainan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan yang dibuktikan dari hasil 7,38 >2,048 dengan taraf signifikansi 0,05. Besarnya pengaruh adalah 16,11%.

Kata Kunci: Permainan, hasil belajar lompat jauh

Abstract

Physical and health education has important role in increasing the quality of human resources. The success or failure of an education depends on the implementation of good and directed education process due to the regulations. In school environment, there are various problems that need to get serious attention, one of them is teaching and learning process. Meanwhile, at SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan, in the way of teaching the basic movements, the movements are not combined with the games. Unfortunately, it influences in the lack of movements on the students. Therefore, by doing modification on the games, it is expected that students will be more interested in following the learning activity and also increasing the learning results.

Purposes of this research are (1) to know the influence of games modification toward learning result of long jump with squat style on the students of seventh (VII) class at SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan. (2) to know the influence scale of games modification toward learning result of long jump with squat style on the students of seventh (VII) class at SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan. This research was experimental research with descriptive-quantitative approach. Samples for this research were 56 students, i.e. control group from VII H  consisted of 28 students and experimental group from VII I consisted of 28 students.

Based on the research results, it could be concluded that there was significant influence from games modification toward learning result of long jump with squat style on the students of VII class at SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan which was proved by the result of tcount 7.38 > ttable 2.048 with significant level 0.05. The influence was 16.11%.

Keywords: Games, learning result long jump.

Published
2017-06-09
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 241