PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA KAKI BAGIAN DALAM

  • HARWIN ONI SETYAWAN

Abstract

Abstrak

Dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk menentukan model pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Perbedaan individual inilah yang menyebabkan adanya perbedaan tingkah laku dan kemampuan dikalangan peserta didik, sehingga guru harus mampu memberikan perlakuan yang sesuai dengan kemampuan siswa tersebut ATI (Aptitude Treatment Interaction) adalah sebuah pendekatan yang berusaha mencari dan menemukan perlakuan-perlakuan (treatments) yang cocok dengan perbedaan (aptitude) kemampuan siswa, yaitu perlakuan (treatment) yang secara optimal diterapkan untuk siswa yang berbeda tingkat kemampuannya. Dengan membagi siswa atau mengelompokkan siswa menjadi tiga kelompok sesuai dengan klasifikasi yang didapatkan dari hasil tes aptitude. Pengelompokan siswa tersebut diberi label tinggi, sedang dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction terhadap hasil belajar passing sepak bola kaki bagian dalam pada siswa kelas XI SMAN 1 Pacitan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pacitan dengan jumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar passing sepak bola kaki bagian dalam pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pacitan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5.455 >2,064).

Kata kunci: ATI, Pembelajaran, Sepakbola   

Abstract

In the learning of Physical Education, Sport, and Health to determine the right learning model is needed for the learning process runs well. Individual differences are what causes differences in behavior and ability among learners, so teachers should be able to provide treatment in accordance with the ability of students. ATI (Aptitude Treatment Interaction) is an approach to find out treatments that match with the aptitude of student’s abilities, which is  the treatment that optimally applied to students of different levels of abilities. By dividing the students or grouping the students into three groups according to the classification obtained from aptitude test results. The grouping of the students is labeled high, medium and low. The purpose of this study is to determine the effect of learning model aptitude treatment interaction of learning outcomes on football passing by inside of the foot in grade XI SMAN 1 Pacitan students. The sample of this research is the students of class XI IPS 2 SMAN 1 Pacitan with amounts to 25 students. Design of the research that use in this research is experimental research using one group pretest-posttest research design. Based on the results of the study it can be concluded that there is an increase on learning outcomes on football passing by inside of the foot in the class XI IPS 2 SMAN 1 Pacitan by using the model of learning Aptitude Treatment Interaction (ATI) this can be proven from the results of  test calculations that shown  that t> t table (5.455> 2.064)

Keywords: ATI, Learning, Football

Published
2017-06-10
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 67