PEMANFAATAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL DRILLS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA  TERHADAP MATERI AJAR MENGHINDARI PERILAKU SEKS BEBAS (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya)

  • DONI PRIMA TRISTANTO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap peningkatan pemahaman materi ajar menghindari perilaku seks bebas di SMA Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya yang berjumlah 381 siswa. Cara menentukan sampel dengan menggunakan cluster random sampling sehingga didapat kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media computer assisted instruction (CAI) model drills terhadap pemahaman siswa terhadap materi ajar menghindari perilaku seks bebas pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Surabaya. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t yaitu nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan yang diajukan (0,000 < 0,05) yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media computer assisted instruction (CAI) model drills untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar menghindari perilaku seks bebas pada siswa kelas XI di SMA 11 Surabaya dengan peningkatan murni sebesar 24,99%.

Kata Kunci : Computer Assisted Instruction, pemahaman

Abstract

The purpose of this research was to know the benefit of using computer assisted instruction (CAI) model of drills to increase understanding of teaching material to avoid free sex behavior in SMA Negeri 11 Surabaya. The type of research used was experimental research by using randomized control group design of pretest-posttest. The population in this study was all students of eleventh grade at SMA Negeri 11 Surabaya which consist of 381 students. The way of determining the sample was by using cluster random sampling. It was obtained that eleventh grade of Social Science 2 which consists of 35 students as the control class and eleventh grade of social science 3 which consists of 30 students as the experimental class. Based on the result of the research can be concluded that there was an effect of computer assisted instruction media usage of drilling model towards student understanding of avoiding free sex behavior materials of eleventh grades SMAN 11 Surabaya. It can be proven by value of t test wich can be obtained that significant value is samaller that significant standart used (0,000 < 0,05), means that Ha was aaccepted and H0 was refused. It can be cancluded that there is an effect of computer assisted instruction (CAI) media of drilling model to enhance student understanding towords avoiding free sex behavior material of eleventh grades SMAN 11 Surabaya  with original improvement of 24,99%.

Keywords: Computer Assisted Instruction, understanding

Published
2017-06-10
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 12