PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP HASIL BELAJAR LAY-UP BOLA BASKET (Studi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 7 Surabaya)

  • MOH FATKHUR ROHMAN

Abstract

Abstrak

Kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani merupakan hal yang paling penting berkaitan dengan terjadinya proses belajar secara efektif pada siswa adalah kemampuan guru menggabungkan berbagai kondisi belajar ke dalam kegiatan belajar, penggabungan kondisi belajar tersebut dalam bentuk suatu metode pengajaran. Dalam hal ini peneliti mempunyai alternatif dengan memberikan latihan mental imagery pada siswa. Mental imagery merupakan kemampuan seseorang untuk membangun suatu gambar gerak atau ketrampilan di dalam mental atau dalam pikiran. Peneliti ingin mengetahui pengaruh latihan imagery terhadap hasil belajar lay-up bola basket peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Surabaya. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Dengan menggunakan metode one group pretest-posttest desing. Dalam desain ini tidak ada kelompok kontrol dan subjek adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Surabaya. Sampel dari penelitian ini adalah pesrta didik kelas XI 6 SMA Negeri 7 Surabaya yang berjumlah 37 siswa. Cara pengambilan data dilakukan selama 4 kali pertemuan yang terdiri dari pre-test, treatmen dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian latihan imagery berpengaruh terhadap hasil belajar lay-up bola basket, hal ini dibuktikan hasil rata-rata pret-test kelas eksperimen adalah 2.59 sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 3.19 dan nilai t-hitung sebesar 3.903 dengan signifikasi 0.00. Nilai t-tabel, pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 2.028. Dari penjelasan di atas diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (t h > t t ). Oleh karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (3.903>2.028), maka hipotesis yang menyatakan ”Adanya pengaruh latihan imagery terhadap hasil belajar lay-up bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Surabaya dinyatakan diterima dengan peningkatan sebesar 23.16 % terhadap hasil belajar lay-up bola basket.

Kata Kunci: Latihan imagery, hasil belajar lay-up, bola basket

Abstract

In the physical education learning, the must important that connected with the consist of learning process effectively are the ability of teacher to combine various learning situation into learning activity, the combining of those learning condition in a form of learning method. In this matter the researcher have alternative with giving the practice of mental imagery to students. Mental imagery is an ability of people to build a motion image or a skill in the mental or mind. The effect of exercise on learning outcomes imagery lay-up basketball students of class XI SMAN 7 Surabaya. This study used a quasi-experimental (quasi experiment). By using one group pretest-posttest design. In this design there is no control group and the subject are all students of class XI SMAN 7 Surabaya. Samples from this study are students of class XI participant 6 SMAN 7 Surabaya totaling 37 students. How data retrieval is done during 4 meetings consisting of a pre-test, treatments and post-test. Based on the research exercise imagery effect on learning outcomes lay-up basketball, this is evidenced average yield pre-test experimental class is 2.59 while the average post-test experimental class was 3.19 and the value of t-count equal to 3.903 with significance 00:00, T-table value, at significance level α = 0.05 is 2.028. From the above it is known that the t-count value is greater than t-table (t p> t t). Therefore t-count larger than t-table (3.903> 2.028), the hypothesis which states "The influence of exercise on learning outcomes imagery lay-up basketball in class XI SMAN 7 Surabaya been accepted with improvement as big as 23.16 % to basketball lay-up learning result.

Keyword: Imagery exercise, learning outcomes lay-up, basketball

Published
2017-06-10
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 46