PERBANDINGAN METODE BAGIAN (PART METHOD) TERHADAP SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET (Studi Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket SMP Negeri 5 Bojonegoro)

  • RIMA ANINDIYAH P

Abstract

Abstrak

Shooting adalah satu cara memasukkan bola ke dalam keranjang dan juga bertujuan untuk mendapatkan poin. Shooting dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya shooting satu tangan, shooting dua tangan dan shooting lay up. Di dalam shooting ada beberapa tahapan cara untuk membentuk suatu gerakan shooting agar menjadi gerakan shooting yang utuh. Untuk itu diperlukan metode lain yang mampu meningkatkan kemampuan peserta ekstrakurikuler dalam menguasai gerak dasar shooting.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan hasil shooting bola basket dengan menggunakan metode bagian. Dan 2) mengetahui berapa besar peningkatan hasil shooting bola basket dengan menggunakan metode bagian.

Berdasarkan hasil analisa statistikdidapatkan nilai shooting yaitu thitung  1,822  >  ttabel 1,734 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga ada pengaruh metode bagianterhadap shootingdalam bola basket.

Kata kunci: Shooting Bola Basket, Metode Bagian

Abstract

Shooting is one way to put the ball into the basket and also aim to get the point. Shooting can be done in several ways such as one hand shoot, two hand’s shoot, and lay up shoot. In the shooting there are several stages to form a movement way of shooting to be shooting the whole movement. It required another method which is able to improve extracurricular participants in mastering basic motion shooting.

The purpose of this study were 1) to increase the shooting basketball using methods section. And 2) determain how much improvement the shooting basketball using methods section.

Based on the results of statistical analysis obtained values tcount1,822>ttable1,734  which meansshowing that H0 is accepted and Ha rejected, so that there is the influence of the methods section (part method) againts shooting in basketball.

Keywords: Shooting Basketball, Part Method

Published
2017-06-10
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 360