Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Dribbling Dan Passing Sepakbola (Studi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto)

  • SUGENG AFFANDY

Abstract

Abstrak

Pendidikan Indonesia memiliki berbagai macam pendidikan salah satunya adalah pendidikan jasmani kesehatan dan rohani atau PJOK yang mencakup aspek psikomotor, kognitif, afektif. Dalam PJOK mencakup beberapa materi dari berbagai cabang olahraga termasuk cabang olahraga sepakbola. Materi sepakbola memiliki berbagai macam keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap siswa yaitu keterampilan dribbling (menggiring) dan passing (menendang). Dalam pembelajaran PJOK untuk mencapai tujuan yang diinginkan penggunaan berbagai pendekatan dapat diterapkan salah satunya pendekatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran yang diterapkan berdasarkan pada materi dan karakteristik siswa agar pembelajaran lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengkaji tentang pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar teknik dasar dribbling dan passing sepakbola pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto Sampel penelitian menggunakan siswa dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Data yang digunakan berdasarkan hasil pretest dan posttest keterampilan dribbling dan passing. Perhitungan data dibantu program komputer yaitu SPSS versi 22 dengan metode statistik T-Test (dependent sample) untuk sampel sejenis selanjutnya perhitungan Uji-t untuk mengetahui beda peningkatan siswa dalam keterampilan dribbling dan passing.Hasil penelitian ini dapat diketahui (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar teknik dasar dribbling dan passing sepakbola pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto berdasarkan pada hasil yang menunjukan bahwa nilai t-hitung sebesar 2.693 dengan nilai signifikan 0.00. Nilai t-tabel dengan signifikasi  = 0,05 dan nilai sebesar 2.042. Artinya apabila nilai t-hitung lebih >  dari nilai t-tabel maka dapat dikatakan hipotesis yang diajukan diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan. (2) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan peningkatan sebesar 4.42 % terhadap hasil belajar teknik dasar dribbling dan passing sepakbola. 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Jigsaw, Dribbling dan Passing Sepakbola

Abstract

Indonesia has a wide range of education type. One of them is   spiritual, health, and physical education or PJOK which employs aspects of psychomotor, cognitive, and affective. PJOK covers some materials from various sports including football. Football has many learning materials that must be mastered by every student such as dribbling and passing. In PJOK learning, to achieve the desired goals, a variety of approaches can be implemented for instance through jigsaw cooperative learning model. The learning model applied be based on the materials and the students’ characteristics so that it becomes more effective and increase the learning outcomes. The purpose of this study is to examine the effect and influence of the jigsaw cooperative learning model application towards learning outcomes on the basic techniques of dribbling and passing football performed by seventh graders of SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto. As its samples, this research uses 31 seventh graders of SMP Negeri 2 Sooko. This research applies quantitative descriptive method. The data used is derive from the pretest and posttest results of dribbling and passing skills. In the calculation of data assisted with computer program SPSS version 22, which has a T-test statistical methods (dependent sample) for subsequent similar sample t-test calculation to determine the difference in a student improvement dribbling and passing skills. The results of this study are (1) there is a significant effect after implementing jigsaw cooperative learning model towards seventh graders’ learning outcomes on the basic techniques of dribbling and passing football at SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto. The results shows that the value of t-test for 2.693 has 0:00 significant value. T-table value with significance of α = 0.05 has a value of 2.042. This means that if the value of t-count is more than (>) t-table then we can say the hypothesis is accepted and possess significant influence. (2) The jigsaw cooperative learning model provides an increase of 4.42% to the learning outcomes on the techniques of dribbling and passing.

Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw, Dribbling and Passing Football

Published
2017-06-10
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 145